Kebakaran besar Yang Pernah Menghanguskan Pasar Senen

Oky

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Kebakaran besar Yang Pernah Menghanguskan Pasar Senen
sumber foto : kompas

Winnetnews.com - Kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/1/2017) ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Pasalnya pasar itu sudah berkali-kali dilanda kebakaran besar. Setidaknya tercatat adaenam peristiwa kebakaran besar pernah menghanguskan pasar tersebut.

Pada tahu 1960-an Pasar Senen mulai terkenal yang dibangunpada masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta saat itu Ali Sadikin. Ali Sadikin mencanangkan "Proyek Senen" dengan ragam fasilitas, seperti Pasar Inpres dan Terminal Senen.

Namun, tahun 1974, Tragedi petaka tersebut dimulai. Kawasan itu menjadi salah satu pusat peristiwa Malapetaka 15 Januari (Malari). Pasar Senen ikut terbakar dalam peristiwa tersebut.

Pasar Senen lalu dibangun kembali. Kawasan tersebut kembali hidup. Namun, pada 23 November 1996, Pasar Senen kembali terbakar. Sebanyak 750 kios di Blok IV dan V ludes dilahap sijago merah.

Kemudian selang tujuh tahun berikutnya, pada Januari 2003, Pasar Senen kembali mengulang tragedi kebakarannya, kali ini di Blok IV dan Blok IV B. Kebakaran itu menghanguskan sekitar 300 kios.

Tak hanya sampai di situ, Pada tahun 2010 si jago merah kembali melahap kios-kios di Blok VIyang didominasi pedagang tas, pakaian, dan buku. Sekitar 300 kios dan tenda pedagang kaki lima hangus pada tragedi tersebut.

Djangga Lubis yang menjabat sebagai Direktur Utama PD Pasar Jaya saat itumengatakan, kebakaran 11 Maret 2010 itu diperkirakan menelan kerugian hingga Rp 8,5 miliar, dengan rincian Rp 3,5 miliar bangunan dan Rp 5 miliar adalah kerugian para pedagang.

Tak berhenti di situ, Kebakaran di Pasar Senen kembali melahap kios para pedagangpada 25 April 2014. Kobaran api berawaldari hubungan pendek arus listrik di salah satu kios di lantai 2 Blok III, laludengan sangat cepat api merembet hingga menghanguskan sekitar 2.000 kios.

Total kerugian akibat kebakaran di Pasar Senen saat itu mencapai lebih dari Rp 100 Miliarmenurut Ikatan Pedagang Pasar Seluruh Indonesia.

Dan tepat hari ini, 19 Januari 2017, kebakaran kembali terjadi lagi di Pasar Senen. Kebakaran mulai terjadisekitar pukul 04.30 WIB. Diduga karena korsleting di lantai satu Blok III. Api kemudian merambat naik hingga ke lantai tiga.

Sampai saat ini, api di lantai tiga masih berusaha dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran. Jumlah kios dan kerugian akibat kebakaran tersebut belum bisa diprediksi.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...