Kebakaran Hutan Lereng Gunung Lawu Capai 30 Hektare

Kebakaran Hutan Lereng Gunung Lawu Capai 30 Hektare ilustrasi

WinNetNews.com - Kebakaran melanda hutan di lereng Gunung Lawu, Bukit Mongkrang, Tlogodlingo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar. Tak kurang dari 30 hektare lahan milik Perhutani pun habis dilalap api.

Kebakaran diketahui terjadi sejak Sabtu (8/9) malam. Api yang sebenarnya sudah mengecil kembali membesar pada Minggu (9/9) malam.

Membesarnya api terjadi karena angin yang berhembus cukup kencang di lokasi tersebut. Kondisi yang kering juga memicu api semakin cepat menyebar.

"Minggu malam anginnya kencang, api lalu kembali membesar," kata seorang relawan, Slamet Rusdiyanto, Selasa (11/9/2018).

Namun pagi ini, api sudah berhasil dipadamkan. Ratusan orang dari dari BPBD, Polisi, TNI, Perhutani dan para relawan diterjunkan dalam pemadaman api.

Menurut Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Lawu Utara, Edi Saryono, petugas kesulitan memadamkan api karena faktor lokasi yang susah dijangkau kendaraan. Petugas melakukan pemadaman secara manual.

"Pemadamannya manual, pakai daun-daun basah. Baru padam pagi ini," ujarnya.

Mengenai penyebab kebakaran, pihaknya mengaku belum mengetahui. Sebab api diketahui pertama kali sudah dalam kondisi besar.

"Penyebabnya, api dari mana belum diketahui. Masyarakat juga tahunya ketika api sudah membesar," tutup Edi. (detikcom)