(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kebanyakan Minum Kopi Bisa Kena Osteoporosis di Usia Muda?

Rusmanto
Rusmanto

Kebanyakan Minum Kopi Bisa Kena Osteoporosis di Usia Muda? ilustrasi
Winnetnews.com -  Banyak orang yang mengandalkan kopi sebagai penghilang rasa kantuk dan penambah semangat. Sayangnya, hal ini justru membuat kita mengonsumsinya dengan berlebihan. Meski tergolong dalam minuman sehat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak minum kopi dengan berlebihan jika tidak ingin terkena masalah kesehatan.

Bisa menyebabkan osteoporosis

Salah satu dampak kesehatan yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengonsumsi kopi berlebihan adalah osteoporosis. Salah satu orang yang mengalaminya adalah Han Xiao, wanita berusia 30 tahun dari Wuhan, Tiongkok. Sebagaimana kita ketahui, osteoporosis biasanya muncul di usia tua, bukannya di usia produktif, namun karena kebiasaan minum kopi Han yang sangat berlebihan, penyakit ini muncul di usia dini.

Dilansir dari World of Buzz, Han mengaku telah menjadi pecandu kopi dan terbiasa membuat kopi begitu tiba di kantor demi mengatasi rasa kantuk. Bahkan, sepanjang hari Han bisa mengonsumsi 10 cangkir kopi demi menambah semangat.

Suatu hari, Han mengalami gejala batuk-batuk yang cukup parah selama 10 menit. Batuknya kemudian mereda namun ia justru mengalami gejala lainnya, yakni kedinginan dan sensasi nyeri di dada. Han tidak begitu mempedulikannya dan memilih untuk beristirahat di rumah. Hanya saja, Han kemudian kesulitan untuk tertidur ataupun membalikkan badan. Ia pun pergi ke dokter keesokan paginya.

Tak disangka, Han ternyata mengalami patah tulang rusuk, tepatnya di tulang ketiga, keempat, serta kelima. Patah tulang ini dipicu oleh batuk parah yang muncul sebelumnya. Dokter pun keheranan bagaimana bisa batuk-batuk mampu menyebabkan patah tulang dan kemudian menjalankan tes kepadatan mineral pada tulangnya. Secara mengejutkan, tulang Han ternyata sudah terkena osteoporosis dengan kondisi yang mirip dengan orang-orang berusia lebih dari 60-an!

Dokter pun kemudian bertanya banyak hal tentang kebiasaan sehari-harinya. Barulah diketahui bahwa Han ternyata jarang minum air putih namun bisa minum kopi hingga 10 cangkir dalam sehari dalam tujuh tahun terakhir. Asupan kafein berlebihan inilah yang akhirnya menurunkan kadar kalsium dalam tulang dan memicu datangnya osteoporosis.

Pakar kesehatan pun menyarankan kaum hawa untuk tidak sembarangan mengonsumsi minuman bersoda yang tinggi kafein jika tidak ingin terkena masalah osteoporosis. Selain itu, konsumsi garam juga sebaiknya tidak berlebihan karena selain bisa memicu hipertensi, kandungan ini juga bisa menurunkan kepadatan tulang jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Dampak lain dari kebiasaan mengonsumsi kopi berlebihan
Selain menyebabkan osteoporosis, ada dampak kesehatan lain yang bisa didapatkan jika terbiasa minum kopi dengan berlebihan atau terlalu sering.

Berikut adalah dampak-dampak tersebut.

  1. Gangguan denyut jantung

    Minum kopi berlebihan bisa membuat peningkatan denyut jantung dan dada yang berdebar-debar, hal ini tentu akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung yang berbahaya.
     
  2. Susah tidur

    Sudah menjadi rahasia umum jika kafein di dalam kopi bisa menghilangkan rasa kantuk. Jika kita mengonsumsi kopi terlalu larut atau bahkan dengan jumlah yang berlebihan, maka risiko untuk terkena susah tidur atau insomnia pun akan meningkat dengan signifikan.
     
  3. Sakit kepala

    Mengonsumsi kopi dengan berlebihan akan mempengaruhi sirkulasi darah, termasuk yang menuju kepala. Jika sampai hal ini terjadi, maka sakit kepala pun akan mudah muncul.
     
  4. Hipertensi

    Keberadaan kafein di dalam tubuh bisa membuat pembuluh darah menyempit dan akhirnya membuat tekanan darah meningkat. Jika kadar kafein terlalu banyak, maka tekanan darah akan terus berada dalam kondisi tinggi yang akhirnya bisa menyebabkan datangnya hipertensi.
     
  5. Asam lambung

    Kopi termasuk dalam minuman yang bersifat asam. Jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan, maka risiko untuk mengalami asam lambung tinggi pun meningkat.

Melihat fakta-fakta ini, jangan berlebihan minum kopi demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di doktersehat.com dengan judul "Gara-Gara Minum Kopi, Wanita Ini Terkena Osteoporosis di Usia Muda"
 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});