Kebiasaan Buruk Yang Ternyata Baik Untuk Tubuh

Kebiasaan Buruk Yang Ternyata Baik Untuk Tubuh

Kita mempercayai beberapa hal yang sebaiknya dihindari atau dihilangkan karena memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun ternyata dari ada beberapa kebiasaan yang kita anggap buruk ternyata baik untuk kesehatan.

Melansir dreamersradio, berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang ternyata memiliki manfaat yang unik dan telah dibuktikan oleh penelitian. Let's check it out !

1. Tidur

Menurut penelitian dari University of Wisconsin, orang yang tidur lebih lama akan menurunkan berat badan lbih dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur. Hal itu dikarenakan tidur dapat mengatur nafsu makan sepanjang hari berkat hormon leptin dan ghrelin.

Penelitian ini menemukan bahwa orang yang tidur lebih bisa menurunkan tingkat ghrelin (hormon penekan nafsu makan) dan meningkatkan leptin (hormon perangsang nafsu makan), yang mengendalikan nafsu makan di siang hari.

2. Tidak mandi

Penelitian dari Northwestern Memorial Physicians Group menunjukkan mandi dengan air yang cukup panas dan paparan sabun yang kuat bisa mengurangi kandungan minyak alami yang melindungi kulit.

3. Bergosip

Sedikit bergosip sepertinya tidak terlalu buruk. Itulah yang ditunjukkan dalam penelitian dari University of California, Berkeley. Dalam penelitian tersebut diteukan bahwa bergosip dapat membantu mencegah perilaku buruk dan mengurangi tingkat stress.

4. Tidak merapikan tempat tidur

Sejak kecil, kita sudah diterapkan dengan aturan untuk merapikan tempat tidur. Namun kadang rasa malas atau terburu-buru di pagi hari membuat kita tak sempat merapikannya.

Tapi menurut sebuah studi di Kingston University, London, kutu tidak bisa bertahan di tempat tidur yang berantakan atau kurang rapi karena suhu yang hangat dan kering. Sehingga, membereskan tempat tidur akan membuat kutu-kutu tersebut lebih bertahan lama.

5. Makan cokelat

Seperti halnya kopi, mengkonsumsi cokelat juga membuat sebagian orang merasa bersalah karena kandungan kalorinya yang bisa membuat berat badan bertambah. Tapi menurut penelitian dari Harvard Medical School, mengkonsumsi dark chocolate dalam jumlah kecil bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Stress

Merasa stress atau tertekan sepanjang waktu memang tidak baik bagi kesehatan tubuh, tapi menurut penelitian dari University at Bufalo, NY menunjukkan sedikit rasa stress bisa meningkatkan tingkat pembelajaran dan memori.

7. Sendawa dan kentut

Menahan sendawa dan kentut bisa menyebabkan kerusakan dalam asam lambung. Meski saat terlepas di depan umum akan terasa memalukan dan baunya mengganggu tapi itu merupakan bagian alami dari proses pencernaan. Meski begitu, untuk kesopanan, sendawa dan kentut memang sebaiknya jangan di depan umum.