Kebiasaan Menulis Tangan Membuat Daya Ingat Terjaga?
ilustrasi

Kebiasaan Menulis Tangan Membuat Daya Ingat Terjaga?

Jumat, 10 Jan 2020 | 11:26 | Rusmanto
Winnetnews.com - Kapan kita terakhir kali menulis tangan? Karena gawai seperti ponsel pintar atau laptop kini semakin sering digunakan, banyak orang yang mengaku jarang menulis dengan tangan. Mereka bahkan berkelakar dengan menyebut tulisan tangannya menjadi semakin buruk akibat hal ini. Padahal, pakar kesehatan menyebut kebiasaan menulis tangan bisa membuat daya ingat kita terjaga, lho.

Kaitan Antara Daya Ingat dan Kebiasaan Menulis Tangan

Memang, menulis tangan cenderung jauh lebih membosankan dan bisa membuat tangan menjadi lebih pegal, namun hal ini bisa memberikan dampak kesehatan yang jauh lebih besar. Fakta ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Pam Mueller yang berasal dari Princeton University yang bekerja sama dengan Daniel Oppenheime, seorang peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA).

Dalam penelitian yang mereka lakukan, sejumlah mahasiswa diminta untuk mengikuti kegiatan perkuliahan dan mendengarkan apa yang diucapkan oleh dosen. Para mahasiswa ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni yang menulis dengan tangan berbagai ucapan yang penting dari dosen, dan yang menggunakan laptop untuk mencatat ucapan dosen tersebut. Sekitar 30 menit kemudian, para mahasiswa ini diminta untuk menjelaskan kembali apa yang diterangkan oleh dokter.

Hasilnya adalah, kelompok mahasiswa yang menggunakan laptop memang bisa mencatat ucapan dosen dengan jauh lebih detail karena kecepatan pengetikan memungkinkan mereka untuk melakukannya. Sementara itu, catatan dari para mahasiswa penulis tangan cenderung lebih berantakan.

Hanya saja, saat diminta untuk menjelaskan tentang kajian materi yang diungkap oleh dosen, mereka yang menulis justru mampu menjelaskannya dengan jauh lebih baik. Mereka seperti memiliki pemahaman yang lebih prima dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan laptop.

Para peneliti pun menyebut menulis dengan tangan sepertinya bisa memaksimalkan daya ingat sehingga bisa memberikan manfaat jauh lebih baik dibandingkan dengan kebiasaan menggunakan gawai. Karena bisa membuat kita menyimpan segala sesuatu dengan lebih mudah, kita seperti kurang termotivasi untuk benar-benar mengingat berbagai macam hal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...