(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kebiasaan Seperti Ini Menurunkan Daya Tahan Tubuh Kamu Secara Perlahan

Oky
Oky

Kebiasaan Seperti Ini Menurunkan Daya Tahan Tubuh Kamu Secara Perlahan Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Kamu sudah menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tapi masih juga mudah terserang penyakit? Hati-hati, kamu mungkin sedang melakukan kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh!

Stres, gaya hidup pasif, bahkan kurang tidur adalah contoh sederhana yang ternyata dapat menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. Simak informasi berikut ini untuk mengetahui apa saja kebiasaan buruk yang dapat menjadi pemicunya!

1. Stres

Stres berkepanjangan dapat menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun - dokterbabe

Ketika seseorang mengalami stres berkepanjangan, otak meningkatkan pelepasan hormon kortisol sehingga memicu sel-sel darah putih untuk menurunkan aktivitas sel tubuh yang berikatan dengan hormon tersebut, dan berakibat pada menurunnya kekebalan tubuh.

Sayangnya, tidak semua orang menyadari bahwa dirinya sedang mengalami stres. Dampak menumpuk dari stres mungkin baru akan terasa di kemudian hari ketika gangguan kesehatan mulai muncul.

Kamu perlu waspada, karena stres yang berlangsung lama dapat membuatmu menjadi rentan terhadap infeksi, penyakit darah tinggi, diabetes, hingga kanker.

2. Gaya Hidup Pasif

Seseorang yang kurang aktif bergerak dapat mengalami penurunan daya tahan tubuh - dokterbabe

Orang dengan gaya hidup pasif biasanya menjalani keseharian dengan terlalu banyak duduk dan jarang melakukan aktivitas fisik yang membakar kalori. Ini merupakan kebiasaan buruk karena dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan produksi antibodi sehingga tubuhmu lebih kuat menghadapi serangan penyakit.

Olahraga juga dapat menekan pelepasan hormon kortisol yang menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuhmu. Cukup dengan 30 menit olahraga ringan sudah membantu.

3. Kurang Tidur

Produksi antibodi juga dipengaruhi oleh siklus tidur - dokterbabe

Ketika tidur, tubuhmu memproduksi sitokin, yaitu molekul protein yang melindungimu dari serangan infeksi. Sitokin juga membantumu tertidur lelap dan memberikan energi bagi sistem kekebalan tubuhmu untuk melakukan fungsinya.

Kurang tidur erat kaitannya dengan gangguan kesehatan, stres, dan penurunan daya tahan tubuh. Seseorang yang kurang tidur akan mengalami peningkatan risiko berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung dan diabetes.

Hal tersebut dikarenakan kurang tidur memicu peningkatan jumlah protein C-reaktif (CRP) yang merupakan penanda inflamasi yang cukup sensitif terutama pada penyakit jantung.

Bahkan, sebuah studi tentang hubungan tidur dan respons antibodi pada penerima vaksin hepatitis A menunjukkan bahwa tidur yang cukup akan meningkatkan produksi antibodi.

4. Kebiasaan Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok menyerang banyak sistem di dalam tubuh, termasuk daya tahan tubuh - dokterbabe

Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab daya tahan tubuh menurun. Nikotin yang terkandung di dalam rokok meningkatkan produksi hormon kortisol yang timbul ketika seseorang mengalami stres.

Bukan hanya itu, nikotin juga menghambat pembentukan antibodi dan menurunkan respons antibodi terhadap penyebab penyakit.

Selain menurunkan daya tahan tubuh, merokok juga meningkatkan risiko penyakit yang dipicu oleh peradangan. Studi menunjukkan zat yang terkandung pada rokok berperan penting memperparah penyakit autoimun atau inflamasi kronis yang terkait dengan merokok, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), psoriasis, dan rematik.

Beberapa kebiasaan sederhana yang dapat menurunkan daya tahan tubuh di atas dapat kamu atasi dengan cara yang juga sederhana. Mulailah dengan menjauhi rokok dan mengalihkan stres dengan cara yang sehat, misalnya dengan bercerita kepada teman.

Jika tidak ada keperluan yang mendesak, kamu dapat mencoba tidur lebih awal agar pagi harimu terasa lebih menyegarkan. Lalu, kamu dapat melengkapi akhir minggumu dengan berjalan kaki sambil diselingi istirahat sejenak.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});