Kebiasaan yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Kebiasaan yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Jumat, 15 Jan 2016 | 17:05 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Ada kebiasaan yang biasa kita lakukan bisa berdampak bagi Anda untuk jangka panjang. Namun, kadang kala ada kebiasaan duduk atau posisi tidur yang bisa membahayakan Anda. Apa saja kebiasaan itu?

1. Jangan duduk bersila sepanjang waktu

Menurut sebuah penelitian, duduk dengan kaki disilangkan dapat meningkatkan tekanan darah. Studi menemukan bahwa tekanan darah sistolik naik hampir 7 persen dan diastolik sebesar 2 persen. Idealnya, kita tidak boleh duduk bersila selama lebih dari seperempat jam.

"Kita sebiaknya jangan terus duduk dengan satu posisi terlalu lama. Bergeraklah setiap 45 menit sekali," kata seorang ahli bedah ortopedi, Dr Phadke, seperti dilansir dari Timesofindia, Jumat (15/1/2016).

2. Selalu berdiri dengan lutut sedikit ditekuk

Hindari berdiri dengan lutut terkunci karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada sendi. Pastikan lutut santai dan sedikit ditekuk. Anda harus menggunakan otot-otot yang mengelilingi sendi Anda, karena saat lutut terkunci otot-otot ini tidak digunakan dan sendi harus menanggung berat.

3. Jangan membiasakan tidur di perut

Jika Anda berpikir bahwa tidur di perut Anda akan membuat perut Anda pergi, Anda salah. Jika Anda tidak tidur telentang kemudian leher tetap dalam posisi yang tidak wajar dan yang dapat menghambat sirkulasi. Mengubah posisi Anda ketika Anda berbaring.

4. Jangan terlalu ketat kenakan ikat pinggang

Terlalu ketat mengenakan ikat pinggang bisa mengganggu pencernaan Anda. Dr Nupur Krishnan, ahli gizi mengatakan, ikat pinggang ketat yang dikenakan untuk waktu yang lama akan mengencangkan perut dan menciptakan tekanan di dalam perut Anda.

Pencernaan tidak bisa berjalan dengan baik dan dapat menyebabkan asam lanjut. Idealnya, ikat pinggang seharusnya pas dengan ukuran pinggang sehingga seseorang bisa duduk dengan nyaman, membungkuk, dan bernapas dengan normal.

Dilansir dari laman okezone 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...