Kebiasaan yang Dapat Merusak Jaringan Otak
ilustrasi

Kebiasaan yang Dapat Merusak Jaringan Otak

Sabtu, 4 Jul 2020 | 21:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kebiasaan yang dapat merusak otak jarang disadari telah dilakukan sehari-hari sehingga harus segera dihentikan! Apa saja kebiasaan yang menyebabkan kerusakan otak? Selengkapnya simak penyebab lainnya di bawah ini!

Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Kebiasaan adalah aktivitas yang sering dilakukan, baik itu yang berdampak bagus atau buruk. Namun, sering kali orang tidak menyadari melakukan kebiasaan yang berdampak buruk. Salah satunya kebiasaan yang menyebabkan kerusakan otak!

Berikut ini sejumlah kebiasaan yang dapat merusak otak:

1. Tidak Sarapan Pagi

Orang yang sengaja atau lupa tidak sarapan pagi memiliki kadar gula darah rendah, yang mengakibatkan suplai nutrisi ke otak menjadi berkurang. Asupan nutrisi yang buruk dapat menyebabkan efek berbahaya jangka panjang pada otak seperti degenerasi sel-sel otak.

Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sering tidak sarapan pagi meningkatkan risiko terkena stroke dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Hasil penelitian juga menyebutkan tekanan darah turun setelah sarapan, yang berarti sarapan dapat mengurangi risiko pendarahan di otak.

2. Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan, apalagi makanan yang kadar lemaknya tinggi, dapat mengakibatkan pengerasan pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Akibatnya pasokan darah ke sel-sel otak berkurang yang menyebabkan kerusakan serius pada fungsi normal otak.

Kebiasaan yang dapat merusak otak ini bahkan juga menyebabkan penyakit Alzheimer (penurunan daya ingat) dan obesitas yang pada gilirannya mengurangi kepercayaan diri dan menyebabkan depresi.

3. Mengonsumsi Gula Terlalu Banyak

Asupan gula yang terlalu banyak dapat menghambat penyerapan protein dan nutrisi. Kekurangan nutrisi menyebabkan gizi buruk dan gangguan otak seperti kemampuan ingatan (memori) yang buruk, gangguan belajar, hiperaktif, dan depresi.

Kebiasaan yang merusak otak ini disadari atau terkadang tanpa disadari mungkin dilakukan setiap hari, misalnya banyak makan makanan dan minuman manis. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kandungan gula pada setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan jangan berlebihan!

4. Kurang Tidur

Otak memerlukan tidur sebagai istirahat dan memulihkan kemampuannya. Kurang tidur dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak sehingga menghambat kemampuan otak untuk melakukan fungsinya secara normal. Misalnya, otak lebih sulit untuk mengingat sesuatu.

Selain itu, dampak dari kebiasaan yang dapat merusak otak lainnya adalah masalah psikologis. Jadi, pastikan tidur setidaknya 7 atau 8 jam setiap malam untuk mencegah kerusakan otak.

5. Menutup Kepala Saat Tidur

Kebiasaan tidur dengan kepala tertutup dapat menyebabkan peningkatan jumlah karbon dioksida dan pada akhirnya mengurangi jumlah oksigen dalam darah.

Jika pasokan oksigen berkurang, kapasitas fungsi otak juga akan berkurang. Dampaknya mungkin akan merasa sesak dan kurang tidur yang menyebabkan kelelahan dan kantuk.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...