Kecanduan Game? Ini Lho 5 Ciri yang Harus Diperhatikan Jika Kecanduan Game

Kecanduan Game? Ini Lho 5 Ciri yang Harus Diperhatikan Jika Kecanduan Game

Winnetnews.com – Berbicara dengan teknologi tentu nggak bisa lepas dari game. Keduanya bak sisi dua mata koin lho.Terlebih perusahaan game online telah banyak meluncurkan berbagai macam aplikasi game yang bisa memanjakan berbagai kalangan, mulai anak-anak, remaja, sampai orang tua.

Tapi semua itu ada efek negatifnya lho. Bermain game berjam-jam pasti bikin kamu lupa segalanya. Nah kalo sudah tahap seperti itu sepertinya kamu mulai kecanduan game.

Karena ada kecenderungan dari seseorang tidak bisa melepaskan sesuatu. Segala sesuatu kalo udah jadi candu tidaklah baik lho. Nah biar pasti ini lho 5 ciri orang yang kecanduan:

1. Apabila bermain game yang sama dalam waktu yang lama

image0

Salah satu ciri yang gampang dilihat adalah durasi ketika kamu asyik bermain game. Misalnya saja lebih dari 3 jam, maka ini adalah gejala dari kecanduan. Tentu saja bermain game dalam waktu lama tanpa beristirahat bisa berakibat kerusakan pada mata, karena menatap layar TV/monitor dalam waktu yang relatif panjang.

2. Rela mengeluarkan banyak uang untuk main game tersebut

image1

Jika sesuatu telah menjadi candu maka tingkat ketagihan tersebut harus dilakukan meski uang saku dan tabungan harus dipertaruhkan. Sebaiknya, jangan sampai dihabiskan sekedar untuk main game. Buatlah budget khusus untuk bermain game, dan coba untuk mentaatinya.

 

3. Prestasi sekolah pada umumnya menurun dan jadi malas belajar

image2

Ini merupakan ciri utama jika kamu masih sekolah. Hal ini merupakan salah satu efek kecanduan yang paling parah, karena sudah tidak bisa lagi membuat prioritas dalam hidup.

4. Lebih suka mempelajari strategi game daripada mempelajari pelajaran sekolah

image3

Yup efek ini bikin parah, meski sama-sama belajar, tapi kini kamu lebih senang mempelajari strategi game dari pelajaran sekolah. Pelajaran di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan aktivitas lainnya akan lebih menentukan masa depanmu daripada sebuah game.

5. Menghabiskan waktu hanya untuk bermain satu game

image4

Jaman sekarang ini nggak ada yang namanya the end dari sebuah game, beda dari jaman konsol game 90 an dulu. Game-game saat ini banyak sekali menerbitkan skenario-skenario baru yang membuat waktu bermain game-nya menjadi semakin lama. Kalo diturutin main game terus bisa-bisa 24 jam hidup kamu abis buat main game.