Kecanduan Main PUBG, Remaja Ini Terserang Stroke

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Kecanduan Main PUBG, Remaja Ini Terserang Stroke Ilustrasi

Winnetnews.com - Bermain game memang menyenangkan. Namun, jika hal ini dilakukan terlalu lama, selain bisa membuat kecanduan, tapi juga dapat mengundang penyakit. Seperti yang dialami oleh remaja 19 tahun asal India, yang terkena penyakit stroke karena terlalu lama bermain game.

Dilansir dari Kumparan, remaja asal Wanaparthy, Hyderabad, India, itu kecanduan bermain game Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG). Akibatnya, terdapat gumpalan darah di otak atau trombosis.

Trombosis merupakan proses pembekuan darah yang terjadi di dalam arteri secara berlebihan, sehingga menghambat proses aliran darah. Kondisi ini menyebabkan tangan dan kaki remaja ini mati rasa. Pada Senin (26/8) lalu, remaja ini dilarikan ke rumah sakit Sunshine yang berada di Hyderabad. Dokter pun mendiagnosisnya mengidap penyakit stroke.

Penyakit stroke biasanya dialami oleh orang yang lebih tua dan jarang terjadi pada orang dengan usia muda. Karena hal itu, dokter pun langsung menghubungkannya dengan kebiasaan remaja ini yang sering bermain game terlalu lama.

“Kondisi ini menyebabkan penebalan darah vena (pembuluh darah balik) di otak dan menciptakan beberapa gumpalan,” kata Dr. K Vinod Kumar, senior Nutri-physician dari rumah sakit Sunshine.

Ibu remaja ini mengatakan kalau anaknya memang menyukai game PUBG dan sering memainkan game itu mulai pukul 21.00 dan bermain tanpa henti hingga pukul 03.00 – 04.00. Remaja 19 tahun ini hanya berhenti bermain saat dirinya harus bekerja paruh waktu sebagai loper koran. Selain bekerja, ia juga merupakan seorang mahasiswa di tahun kedua program Sarjana.

Beruntungnya, keadaan remaja itu saat ini sudah pulih kembali. Ia bisa dijadikan contoh bagi orang-orang yang kecanduan bermain game, untuk tetap memedulikan kesehatan mereka.

Badan kesehatan dunia WHO pun sudah menetapkan kecanduan game sebagai penyakit dan didaftarkan ke dalam International Statistical Classification of Diseases dan Related Health Problems atau yang dikenal dengan ICD-11.

ICD-11 merupakan dokumen yang berisi klasifikasi penyakit-penyakit baru yang ada di zaman modern, mulai dari gejala, tanda, dan penyebabnya. Dalam sistem ini, gaming disorder masuk dalam daftar ‘disorders due to addictive behavior’ atau penyakit yang disebabkan oleh kecanduan.

Apa Reaksi Kamu?