Kecelakaan Bus di Purbalingga, Menhub: Izin Bus Akan Dicek dan KNKT Silahkan Investigasi

Zulkarnain Harahap

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Kecelakaan Bus di Purbalingga, Menhub: Izin Bus Akan Dicek dan KNKT Silahkan Investigasi
Menteri Perhubungan, Budi K. Sumadi/Foto: Zool WNN

WinNetNews.com - Salah satu peristiwa kecelakaan menonjol di musim mudik lebaran 1438 H kali ini terjadi di Purbalingga. Akibat peristiwa itu, empat orang tewas dan 36 lainnya terluka.

"Saya prihatin dengan kecelakaan bus ini, karena relatif bus yang kurang bisa dikendalikan terkait kelaikan. Kita belum tahu apa ini memang laik atau apakah sopirnya itu yang tidak bener," ungkap Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Sabtu (24/06/2017).

Ia juga menyampaikan keprihatinannya atas kecelakaan bus tersebut. Dirinya berjanji akan mengecek izin stiker kelaikan bus dan status sopirnya. Selain itu, ia juga akan meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh, untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

"Beberapa kecelakaan sebelumnya ternyata tidak laik dan sopirnya bukan sopir bener. Nanti kita tugaskan KNKT untuk meneliti secara menyeluruh penyebabnya, karena kita tidak bisa menghukum tanpa tahu," tegasnya.

"Kita harapkan para operator dan sopir jangan buru-buru, harap antri dan sebagainya. Apa yang akan dikejar kalau seperti ini jadinya fatal," sambungnya.

Untuk diketahui, kecelakaan bus Rosalia Indah terjadi di Jalur Bayeman, Purbalingga, sekitar pukul 02.50 WIB. Bus menabrak pembatas jalan dan oleng masuk ke parit sedalam 5 meter.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...