Kecerdasan Anak Bukan Soal IQ

Kecerdasan Anak Bukan Soal IQ

Sabtu, 30 Jan 2016 | 14:23 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Ada anggapan bahwa tidak ada anak yang bodoh. Pernyataan tersebut benar adanya, karena sejak tahun 1983, seorang guru besar Psikologi di Harvard University Howard Gardner mendefinisikan bahwa manusia memiliki kecerdasan yang tidak terbatas yang dikelompokan dalam 8 jenis kecerdasan.

Kedelapan jenis kecerdasan tersebut berkembang bukan berdasarkan hanya dari bakat, melainkan dari berbagai faktor yang mendukungnya.

Howard mengungkapkan bahwa tolak ukur kecerdasan seseorang tidak bisa diukur berdasarkan IQ, yang hanya melihat logika dan linguistik. Kecerdasan seseorang lebih dari itu, seperti bagaimana seseorang memecahkan masalah, membuat solusi, dan memiliki penghargaan terhadap budaya dan lingkungan dalam hidupnya.

“Kita semua begitu berbeda karena pada hakikatnya kita memiliki kombinasi inteligensi yang berbeda. Jika kita sadari hal ini, setidaknya kita lebih berpeluang untuk mampu mengatasi secara tepat berbagai problem yang kita hadapi dalam hidup di dunia,” ujar Howard dalam buku Multiple Intelligence yang ditulis oleh Thomas Amstrong.

Delapan kecerdasan tersebut adalah cerdas logika, cerdas berbahasa, cerdas parsial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musik, dan alam. Setiap Individu memiliki grafik kecerdasan yang berbeda dan umumnya kedelapan kecerdasan tersebut bekerja sama dalam satu rangkaian di setiap aktivitas yang anak lakukan. Setiap kecerdasaan dapat dimaksimalkan bila mendapat treatment yang tepat bagi si anak.

Howard mengharapkan orang tua dapat mengambil peran penting dalam memberikan stimulasi terhadap kecerdasan anak terutama dalam rangka menyeimbangkan kehidupan anak. Agar anak yang pandai berhitung juga dapat pandai bermain musik, sehingga kinerja belahan otaknya dapat seimbang

(seperti dilansir dari CNN Indonesia)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...