Kecerdasan Buatan Bisa Memusnahkan Umat Manusia

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Kecerdasan Buatan Bisa Memusnahkan Umat Manusia

 

WinNetNews.com - Kecerdasan buatan bisa memusnahkan umat manusia. Menurut ilmuwan Stephen Hawking, itu bisa tercapai kalau kecerdasan buatan lebih cerdas dari manusia. Seperti dilansir The Independent, Hawking menjawab pertanyaan sial itu dalam sesi Ask Me Anything di Reddit. Kejadian seperti dalam film Terminator bisa saja terjadi.

Masalah pada kecerdasan buatan bukan kada kejahatannya, namun kompetensi. Kalau mencapai tujuan, kecerdasan buatan bisa lebih cepat dan jika tujuannya tidak selaras dengan keinginan manusia, maka bisa berbahaya. Bagaimana contohnya? Semisal kecerdasan buatan menguasai pembangkit listrik tenaga air maka bisa dengan mudah membanjiri suatu daerah karena dianggap menghalangi, tak peduli apakah ada manusia di dalamnya atau tidak.

Lalu bisa jadi kecerdasan buatan itu akan menciptakan kecerdasan buatan lain dan membuat kadaan menjadi rumit. Hawking sendiri belum bisa memastikan kapan kecerdasan buatan akan maju dan membantu manusia. Kecerdasan buatan harus diatur agar tidak menyakiti manusia atau mengambil pekerjaan sehingga banyak yang menanggur.

Namun Hawking memberikan harapan, "Kalau kecerdasan buatan bisa membuat manusia merata kemakmurannya, bukan sebaliknya, maka kenapa tidak untuk dikembangkan," tutup Hawking.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});