Kecewa Dengan Pelayanan Puskesmas, Warga : "Pak Gubernur Anies Harus Liat Masalah ini"

Oky
Oky

Kecewa Dengan Pelayanan Puskesmas, Warga : "Pak Gubernur Anies Harus Liat Masalah ini" Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Warga Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, mengeluhkan pelayanan puskesmas di wilayahnya. Pasalnya, warga yang ingin membuat sertifikat imunisasi hanya bisa dilakukan sekali dalam satu minggu dan pelayanan hanya diberikan dalam satu jam.

Wawan, 31, mengaku pelayanan Puskesmas Cipinang Besar Utara hanya untuk mendapatkan sertifikat imunisasi, ia harus menunggu satu minggu . “Di papan pengumuman juga tertulis kalau pelayanan untuk membuat sertifikat imunisasi hanya dilakukan setiap hari Rabu,” katanya, Rabu (30/5).

Yang membuat kesal Wawan, pelayanan itu juga hanya satu jam. Padahal, banyak warga yang membutuhkan pelayanan tersebut. “Cuma karena saya datang terlambat saja saya harus menunggu minggu depan baru bisa membuat sertifikat,” ujar warga RW 02 ini.

Menurut Wawan, dirinya sangat membutuhkan sertifikat imunisasi itu untuk mendaftarkan sekolah anaknya. Sementara pendaftaran sekolah akan dilakukan dirinya pada Selasa (5/6) mendatang. “Masa cuma gara-gara nggak bisa urus sertifikat saja anak saya nggak bisa sekolah,” ungkapnya.

Atas permasalahan itu, ia pun bersama warga lainnya berharap, agar pelayanan pembuatan sertifikat imunisasi bisa dilakukan setiap saat tanpa harus menggunakan jadwal. Ini agar tidak mempersulit orangtua yang tengah berjuang untuk memasukan anaknya ke sekolah negeri. “Pak Gubernur Anies harus lihat masalah ini, warga sudah bingung harus lapor ke siapa lagi,” keluhnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Iwan Kurniawan membantah pelayanan pembuatan sertifikat imunisasi hanya dilayani setiap hari Rabu saja. “Tidak benar, tidak ada pelayanan yang diberikan dengan menentukan hari tertentu saja,” tegasnya.

Dikatakan Iwan, ia pun akan memberikan teguran kepada Kepala Puskesmas yang membatasi jam pelayanan. “Kami akan cek puskesmas itu, bila terbukti kami akan beri teguran dan bahkan sangsi atas pelayanan yang diberikan,” pungkasnya. 

Apa Reaksi Kamu?