Kecewa Penolakan Jenazah Perawat, Ganjar Siapkan Makam Pahlawan untuk Tenaga Medis
Foto: Sultimnews

Kecewa Penolakan Jenazah Perawat, Ganjar Siapkan Makam Pahlawan untuk Tenaga Medis

Sabtu, 11 Apr 2020 | 20:22 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Virus corona semakin mewabah di Indonesia. Tidak sedikit para tenaga medis yang harus jadi garda terdepan harus positif terpapar corona. Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah menyatakan akan menyiapkan lahan Taman Makam Pahlawan jika ada tenaga medis yang gugur dalam penanganan virus corona atau COVID-19. Ia menyampaikan tidak ingin ada lagi penolakan jenazah para tenaga medis.

"Masa seorang pejuang yang sudah berjuang ditolak. Ini menyakitkan betul, iki natu ati (bikin sakit hati)," kata Ganjar, dikutip dari Detikcom.

Ganjar juga menjelaskan sudah melakukan persiapan tempat dan pengurusan administrasi kepada pihak terkait termasuk kepala daerah di kabupaten/kota untuk pemakaman seseorang di Taman Makam Pahlawan.

 

"Saya sudah perintahkan Dinsos dan Kesra untuk mempersiapkan ini. Satu soal tempatnya, kedua soal administrasinya, agar penempatan seseorang di Taman Makam Pahlawan sesuai," lanjutnya.

"Kalau satu dua hari ini selesai proses itu, minggu depan sudah bisa dilaksanakan," kata Ganjar.

Selain Taman Makam Pahlawan, Ganjar juga menyiapkan skenario kedua. Skenario tersebut akan diambil apabila Taman Makam Pahlawan tidak cukup, dirinya siap membuatkan tempat pemakaman baru yang diberi nama Taman Makam Pahlawan.

"Kalau ada area eksisting di Taman Makam Pahlawan, maka bisa dipakai. Tapi kalau sudah penuh, kita bisa membuat tempat khusus baru yang dikasih nama Taman Makam Pahlawan khusus untuk mereka," katanya.

Ia juga mengungkapkan rasa hormatnya kepada tenaga medis. Menurutnya sudah selayaknya tenaga medis yang menaruh risiko besar pada pekerjaan mereka diberikan penghormatan setinggi mungkin.

"Dan mereka tahu, bahwa itu berisiko pada keselamatannya. Kita harus memberikan penghormatan setinggi-tingginya. Saya kira, Taman Makam Pahlawan adalah tempat yang sangat tepat untuk mereka," tegasnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...