Skip to main content

Kedai Sambal Welut Pak Sabar, Bantul

Kedai Sambal Welut Pak Sabar, Bantul
Kedai Sambal Welut Pak Sabar, Bantul

Sambal welut yang ditawarkan di Kedai Sambal Welut Pak Sabar, Bantul, Yogyakarta, Ikan belut yang disajikan diulek bersama bahan-bahan seperti cabai, bawang putih, kencur, daun jeruk, gula, garam, dan bumbu penyedap. Bersiaplah untuk menikmati sensasi pedas dan gurih dari oseng welut yang disajikan.

Menu utama atau andalan yang dijual di kedai ini adalah sambal belut. Sambal belut adalah sambal yang dapat dinikmati bersama kuliner oseng belut. Jika memesan oseng welut, pengunjung akan disajikan satu porsi belut yang dimasak dengan kol, tomat, dan sawi lengkap dengan kuah yang dapat diseruput.

image0

Anak perempuan Pak Sabar, Fitri menjelaskan kepada KompasTravel , cara membuat sambal welut. Pertama-tama, cabai bersama bawang putih diulek hingga halus. Kemudian, untuk menambah rasa gurih, hasil bahan-bahan yang telah diulek ditambah dengan gula dan garam. Selanjutnya, bahan-bahan tambahan seperti kencur, bumbu penyedap, dan daun jeruk turut diulek. Kemudian belut dan ulekan kembali ditumbuk hingga hancur dan siap dinikmati. Sambal belut ini disajikan dengan lalapan mentimun dan daun kemangi juga nasi yang masih panas.

image1

Hal unik lain yang ditawarkan di kedai ini adalah gula batu. Segelas teh dan jeruk panas atau dingin akan dimasukkan gula batu yang digunakan sebagai pemanis minuman. Minuman-minuman tersebut cocok untuk menemani menyantap sambal welut. Selain menu utama sambal welut, Pak Sabar juga menyediakan beragam menu lain seperti belut goreng, oseng belut, wader goreng, kuthok (ikan gabus) goreng/oseng.

Satu kilogram sambal belut harganya Rp100 ribu, untuk menu osengnya harga Rp100 ribu per kilogram. Untuk harga ikan gabus goreng, harga yang ditawarkan adalah Rp 90.000 per kilogram. Sementara oseng-oseng ikan gabus adalah Rp 100.000 per kilogram. Kemudian Wader goreng adalah Rp 60.000 per kilogram.

Kedai Pak Sabar mulai buka dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Kedai Sambal Welut Pak Sabar berlokasi agak tersembunyi dari pinggir Jalan Imogiri Barat kilometer 6, Dusun Dokaran, Kelurahan Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, arahkan saja kendaraan ke selatan menuju Pojok Benteng Timur.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top