Kegagalan Berbuah Manis, Koko Bertemu Jokowi Saat Upacara HUT ke-74 RI

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Kegagalan Berbuah Manis, Koko Bertemu Jokowi Saat Upacara HUT ke-74 RI Koko Ardiansyah saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Sabtu (167'8'2019). (Foto: Detik.com)

Winnetnews.com -  Siapa sangka jika kekecewaan berbalik menjadi kebanggaan? Tak semua orang mengalami hal tersebut. Setidaknya, seperti itulah perasaan yang dialami Koko Ardiansyah, calon Paskibraka asal Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) yang sempat gagal ini malah didaulat menjadi pembaca teks Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 saat Upacara Hari Kemerdekaan ke-74 RI di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sabtu (17\8'2019).

Melansir laman detik.com, Koko, begitu disapa, siswa nun jauh di Sumut itu pergi dengan senyum sumrihngah sehari sebelum menjejakkan kaki di Jakarta. Selain menjadi pembaca teks UUD 1945, bak menerima durian runtuh, Koko pun menjejakkan kakinya di Istana dan menemui Presiden Joko Widodo, Sabtu (17/8/2019).

Pengalaman Koko ini berawal dari perhatian Kemenpora yang tak ingin remaja asal Labuhanbatu, Sumatera Utara, ini terus kecewa lantaran namanya dicoret dari daftar calon paskibraka. Kecewa itu bisa jadi sudah terkubur hilang.

"Pemberitaan tentang Koko sangat masif dan ada juga yang merasa tidak nyaman sehingga berpengaruh pada kondisi psikis Koko. Karenanya, kami kontak untuk memberi apresiasi sekaligus relaksasi," ujar Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2019).

Saat diajak Niam ke Istana, Koko sempat bertemu dengan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri. Akhirnya, Koko bisa berfoto bersama Jokowi. Momen ini terjadi dalam acara ramah tamah Presiden bersama Paskibraka dan Gita Bahana Nusantara.

"Koko sengaja kami ajak. Kami berangkat dari Masjid Cut Mutia, masjid bersejarah di Jakarta. Alhamdulillah, Presiden berkenan foto bersama Koko. Luar biasa," kata Niam.

Sebelum ke Istana, Koko diberi kepercayaan untuk membaca teks Pembukaan UUD 1945 di upacara peringatan HUT ke-74 RI di Kemenpora. Niam menawari Koko menjadi petugas upacara begitu tiba di Jakarta. Dia salut akan kesiapan Koko.

"Saya salut, begitu ditawarin, dia langsung menyatakan siap. Padahal baginya ini pengalaman pertama ke Jakarta. Pengalaman pertama naik pesawat, he-he-he..., dan tidak cukup waktu untuk latihan. Alhamdulillah, Koko bisa menjalankan tugas sebagai pembaca UUD 1945 dengan baik," tandas Niam.
 

Apa Reaksi Kamu?