Kegiatan Ini Masih Boleh Loh Dilakukan Sebelum Tidur

Kegiatan Ini Masih Boleh Loh Dilakukan Sebelum Tidur

Rabu, 13 Jan 2016 | 19:25 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Bagi mereka yang sibuk bekerja di pagi hari, satu-satunya waktu yang tersisa untuk berolahraga adalah di malam hari atau menjelang tidur. Banyak juga yang mengira olahraga di malam hari akan membuat tidur makin nyenyak.

Menurut dr Andreas Prasadja, pemahaman ini salah kaprah. "Dengan berolah raga memang tubuh akan terasa capek, tetapi adrenalin akan meningkat. Adrenalin akan membuat kita lebih terjaga," jelasnya.

Tubuh dan otak pun menjadi tak sinkron karena yang satu sudah merasa kelelahan, tetapi otaknya seolah tak mau berhenti beristirahat.

Tetapi bukan berarti dr Ade melarang olahraga sama sekali. "Lakukan saja seperti rekreasi. Pokoknya dibawa santai aja, seperti jalan-jalan di kompleks sambil dengerin lagu," urainya.

Ditambahkan dr Andi Kurniawan, SpKO, olahraga di malam hari lebih baik daripada tidak olahraga sama sekali. Akan tetapi ia mengingatkan agar dilakukan tidak terlalu malam karena dikhawatirkan mempengaruhi kualitas tidur.

Pasalnya, sehabis berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin dan endorfin yang membuat seseorang merasa segar dan happy sehingga akan lebih sulit tertidur. Untuk itu sebaiknya diberi jeda 1,5 - 2 jam setelah berolahraga untuk kemudian berangkat tidur.

Menurut dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT dari RS Medistra menyoroti penggunaan gadget di tempat tidur. Tidak sedikit orang yang terkena insomnia akibat kebiasaan ini. Namun bukannya melarang. Baik dr Ade dan dr Rima sepakat, gadget harus digunakan secara bijak.

"Makanya untuk mereka yang mengalami insomnia tidak disarankan untuk menggunakan gadget 1 jam sebelum tidur. Ini juga untuk yang tidak mengalami insomnia," pesan dr Rima.

Kalau perlu, matikan ponsel dan perangkat elektronik lainnya, termasuk lampu kamar saat berangkat tidur jika ingin benar-benar memperoleh tidur yang berkualitas.

Bagaimana agar bisa terlelap dengan mudah? dr Ade mengatakan ritual tidur ini pun beragam, bisa dengan bersantai-santai, sambil mendengarkan musik, baca buku, atau kegiatan apa saja yang bisa bikin rileks atau suasana hati menjadi positif. Di samping mempermudah tidur, ritual ini juga terbukti efektif mencegah munculnya mimpi buruk.

Tidak harus spesifik, timpal dr Rima. "Cuma bagi yang bersangkutan, kalau dilakuin secara rutin itu bisa membantu tidurnya, itu boleh dilakukan," katanya.

Dilansir dari laman detikhealth 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...