Kegiatan Tambang Diharapkan Dapat Bertahan

Kegiatan Tambang Diharapkan Dapat Bertahan

WinNetNews.com - Pelaku usaha tambang mineral batu bara, di harapkan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said tetap bertahan dalam menghadapi penurunan harga.

Sudirman mengatakan, kegiatan pertambangan harus tetap berjalan, meski ekonomi dalam kondisi sulit yang mengakibatkan harga komoditas mineral dan batu bara menurun.‎

"Bagi kita maknanya adalah dalam keadaan sesulit apapun, industri harus berjalan terus. Sektor ini masih berjalan dan saya melihat kesungguhan dari para pelaku usaha di bidang minerba walaupun dalam keadaan sulit tapi terus berikhtiar menjalankan usahanya," kata Sudirman, di Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, seperti di lansir dari liputan6, Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Sudirman menuturkan, pemerintah memiliki harapan besar harga komoditas ‎tersebut mengalami perbaikan. Lantaran sektor tambang merupakan salah satu tulang punggung pendapatan negara.

"Kita punya harapan besar karena bagaimanapun Minerba adalah satu sumber produk domestik bruto (PDB) kita, sumber perekonomian," ujar dia. Sudirman menambahkan, kegiatan eksplorasi juga harus tetap berjalan. Lantaran jika kegiatan tersebut terhenti maka tidak akan ada penemuan cadangan baru.‎

"Industri pertambangan jadi pikiran bersama eksplorasi tidak berhenti karena jalan mendapat cadangan. Kalau berhenti kita tidak punya cadangan," kata dia.