Keindahan Danau Gunung 7 Kerinci, Bikin Kamu Betah Gak Mau Pulang!
Keelokan Danau Gunung 7 di Kerinci / foto: Istimewa

Keindahan Danau Gunung 7 Kerinci, Bikin Kamu Betah Gak Mau Pulang!

Selasa, 4 Jul 2017 | 10:02 | kontributor

winnetnews.com - Keindahan alam di Kerinci sangat beragam. kamu akan merindukan suasana pedesaan yang masih masuk ke dalam wilayah Jambi. Jika ditempuh dari kota Jambi, Kerinci berjarak sekitar 420 Km. Tak ayal jika Kerinci merupakan kabupaten terjauh yang berada di Provinsi Jambi.

Dari Kota Jambi wisatawan harus menuju Kota Sungai Penuh, Kerinci yang dapat ditempuh dengan jalur darat sekitar 500 KM mengahabiskan waktu kurang lebih 8-10 jam. Sedangkan dengan jalur udara dari Bandara Sultan Thaha -Sungai Penuh hanya sekitar 1 jam. Dari Sungai Penuh anda harus melanjutkan perjalan ke Desa Pelompak, Kayu Aro yang berjarak 50 Km dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam. Sesampainya disini Kamu juga bisa beristirahat di rumah warga serta Homestay yang disediakan dilokasi tersebut. Sebab untuk mencapai Danau Gunung Tujuh kamu harus berjalan kaki.

Ada 2 jalur untuk bisa mencapai Danau ini, Jalur pertama, anda memasuki dari Gerbang Pos Taman Nasional Kerinci Seblat yang memiliki jalan landai dan jarak tempuh lebih lama, kira-kira anda perlu waktu 3 jam. Jalur kedua, kamu bisa masuk dari belakang Wisama Gunung Tujuh bisa ditempuh dengan waktu hanya 2 jam. Namun medan yang relatif sulit serta jalan yang terjal dan curam menjadi kesulitan tersendiri untuk bisa menempuhnya.

Meskipun harus memakan waktu tempuh yang lama untuk bisa sampai ke sini, kamu tidak akan menyesal saat tiba di wilayah Kerinci. Suasana alam yang asri bersama hamparan sawah, perkebunan, bukit-bukit, gunung, danau dan air terjun yang ada di sana benar-benar sangat memanjakan mata dan membuat kamu betah berlama-lama di wilayah Kerinci.

Ada banyak objek wisata alam yang bisa kamu nikmati ketika datang ke Kerinci. Salah satunya adalah Danau Gunung 7. Danau ini letaknya di Desa Pelompek, Kecamatan kayu Aro, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Danau Gunung 7 berada di kawasan Gunung Tujuh yang masuk ke dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang juga masuk ke dalam situs warisan dunia (UNESCO).

Letak Danau yang merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Toba ini berada di ketinggian 1.950 mdpl. Konon menurut legenda, Danau Gunung 7 ini merupakan danaunya para Dewa. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, danau ini dihuni oleh makhluk halus yang memiliki wujud harimau dan sepasang naga. Namun, lepas dari itu suasana danau yang sangat indah akan membuat kamu terpesona dan melupakan segala mitos dan legenda yang ada di Danau Gunung 7 tersebut. Selain terkenal akan keelokan alamnya, Danau Gunung 7 ini juga terkenal dengan suhu udaranya yang sangat dingin, termasuk juga dengan air danaunya.

Taman Nasional Kerinci

Taman Nasional Kerinci / foto: istimewa

Danau Gunung 7

Danau Gunung 7 / Foto: Istimewa

Aneka flora dan fauna yang hidup disekitar Danau Gunung 7 ini, seperti harimau, beruang madu, babi hutan, burung, kupu-kupu, bunga anggrek, kantong semar, dan lain-lain. Karena suasana danau yang masih sangat asri, kawasan ini jadi tempat favorit para pendaki. Biasanya di akhir pekan para wisatawan banyak yang berkunjung ke sana. Selain danau, panorama alam yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sini adalah air terjun Gunung Tujuh yang bersumber dari Danau Gunung Tujuh itu sendiri, untuk sampai ke air terjun tersebut harus melalui jalan setapak yang dekat dari pos penjagaan.

Sementara itu, akomodasi dan fasilitas yang tersedia di sana memang masih terbilang minim. Disarankan untuk kamu yang akan melakukan perjalanan agar bisa lebih melakukan persiapan yang matang dari segala hal. Tertarik untuk mampir ke Danau Gunung 7? Selamat mencoba!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...