Kejahatan Internet Merajalela, OJK Perkuat Sistem

Kejahatan Internet Merajalela, OJK Perkuat Sistem

Selasa, 29 Mar 2016 | 14:15 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Perkembangan sistem informasi dan teknologi, tidak luput dari perhatian Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini OJK mengarah kepada industri jasa keuangan, baik bank maupun non bank, bahkan bisnis online atau e-commerce telah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi yang kian berkembang.

Tapi OJK juga memperhatikan saat ini, banyak muncul kejahatan-kejahatan internet atau cyber yang mulai mengancam kestabilan kinerja industri keuangan. Oleh karena itu, OJK kini tengah memperkuat sistem dan akan mulai membuat aturan untuk mengatasi kejahatan di dunia maya.

"Kita akan buat kelompok kerja. Berbagi apa yang harus disiapkan OJK, lalu juga bagaimana menghadapi bisnis-bisnis yang berbasis cyber," kata Ketua Dewan Audit OJK, Ilya Avianti di kantor OJK, Selasa (29/03).

Ilya menjelaskan, saat ini perkembangan bisnis berbasis online  makin mewabah. Perkembangan bisnis online ini muncul karena ada peluang-peluang bisnis baru.

"Karena ada start-up bisnis. Jadi kita akan upayakan bagaimana industri keuangan bisa memfasilitasi bisnis ini," kata dia.

Selain itu, sejalan dengan program literasi keuangan yang dijalankan OJK, semua transaksional yang dahulunya dilakukan secara manual harus mulai bertransformasi menjadi online. Masyarakat Indonesia sudah tidak bisa mengelak dari perkembangan teknologi dan informasi (IT), yang keamanannya akan terus ditingkatkan.

"Kita juga sudah keluarkan program laku pandai yang diikuti oleh bank-bank. Ini enggak bisa jalan kalau tidak berbasis IT, e-banking juga jadi satu kebutuhan. Kalau kita katakan sistemnya aman-aman saja para hacker senang, kita juga harus perkuat sistem," jelasnya.

Foto: informationcells.com


MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...