Kekeringan Landa Thailand, Ekonominya Diprediksi Lesu

Rusmanto
Senin, 27 Juli 2015 13:32 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 27 Juli 2015 13:32 WIB
Image Kekeringan Landa Thailand, Ekonominya Diprediksi Lesu

Kekeringan yang melanda Thailand tampaknya akan mulai berakhir, namun dampak kekeringan tersebut diprediksi membuat ekonomi negari gajah putih ini terpuruk.

Menurut Departemen Pencegahan Bencana Thailand, cuaca kering dan panas melanda sekitar 67 provinsi di Thailand. Namun dengan lebih dari 40% populasi masyarakat bergantung kepada sektor agrikultur, kekeringan menjadi masalah bagi ekonomi, dan telah membuat sektor manufaktur melambat, ekspor turun, dan utang luar negeri meningkat.

Credit Suisse menurunkan ekpektasi pertumbuhan ekonomi Thailand di tahun ini menjadi 2,5%, dari prediksi sebelumnya 3,1%. Sementara JPMorgan memprediksi ekonomi Thailand turun 2,6% di tahun ini, turun dari sebelumnya 3,5%.

Saat ini, Thailand merupakan eksportir beras terbesar di dunia. Asosiasi Eksportir Beras Thailand, kekeringan yang terjadi berdampak kepada 80% lahan padi, dan diperkirakan bakal membuat produksi turun 15-20% di tahun ini.

Sektor agrikultur menyumbangkan 10% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Thailand. Kekeringan bakal berimbas pada PDB, bahkan kurangnya pasokan air bisa berdampak kepada area industri. Bila ini terjadi, maka produksi industri menurun, dan bakal berdampak pada pengurangan karyawan.

Musim yang tidak bersahabat ini juga menekan pendapatan di sektor agrikultur. Imbasnya, pengeluaran masyarakat akan terhantam.

Saat ini, masyarakat lebih berhemat mengeluarkan uangnya. Kepercayaan konsumen turun dalam 6 bulan berturut-turut hingga Juli ini.

Belum sampai di situ, turunnya produksi beras juga bisa memicu kenaikan harga pangan di Thailand. Imbasnya, inflasi akan muncul.

Menghadapi lesunya ekonomi, bank sentral Thailand, yaitu Bank of Thailand diperkirakan bakal menurunkan bunga acuannya ke tingkat terendah sepanjang sejarah, yakni 1,25%, dari saat ini 1,5%. (jk)

Cara Hilangkan Kecanduan Kopi
Kesalahan Fatal Kiper Liverpool yang Jadi Sorotan

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.