Kekesalan Jerinx Setelah Dihukum 1 Tahun Penjara
Sumber foto:Bisniscom

Kekesalan Jerinx Setelah Dihukum 1 Tahun Penjara

Jumat, 20 Nov 2020 | 09:02 | Cindy Cesilia

Winnetnews.com -  Kabar terbaru datang dari kasus yang menimpa musisi asal Bali, Jerinx SID. Majelis hakim pengadilan Negeri Denpasar telah menjatuhkan vonis hukuman untuk pria yang dikenal sangat aktif menyeruakan pendapatnya di Instagram itu dengan satu tahun dua bulan penjara dan denda Rp 10 juta.

Hakim menilai terdakwa pria bernama lengkap I Gede Aryastina tersebut terbukti menyebarkan ujaran kebencian terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) karena menyebut kacung World Health Organization (WHO) dalam akun Instagramnya @jrxsid atau kasus ini dikenal dengan 'IDI Kacung WHO'.

Pria yang penuh dengan tato itu terbukti bersalah karena  melanggar Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45A ayat (2) atau Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 64 ayat 1 ke 1 KUHP.

"Mengadili, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Gede Aryastina dengan pidana penjara 1 tahun 2 bulan dan denda sebesar Rp 10 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana 1 bulan kurungan," kata Ketua Majelis Hakim, Ida Ayu Adnya Dewi, dilansir dari Detikcom.

Jerinx bersama Nora istrinya saat sidang kasus IDI kacung WHO.Sumber foto:CNN
Jerinx bersama Nora istrinya saat sidang kasus IDI kacung WHO.Sumber foto:CNN

Vonis ini tentunya dinilai lebih ringan dari vpnis sebelumnya yakni 3 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (3/11).

Sementara itu, setelah di jatuhi hukuman satu tahun dua bulan penjara, suami dari Noara Alexandra ini kecewa dengan vonis tersebut. "Ekspresi Jerinx kan sudah jelas bahwa Jerinx kecewa dengan putusan ini itu sudah jelas," kata kuasa hukum Jerinx SID Sugeng Teguh Santoso.

Sugeng memaparkan, tim kuasa hukum belum memutuskan untuk mengajukan banding. Ia akan berkonsultasi terlebih dahulu."Tidak ada pernyataan banding atau tidak 7 hari. Tapi kekecewaan kita atas putusan ini ada, begitu ya. Karena tadi salah satunya hal-hal yang diajukan oleh kita saksi ahli bahasa yang menjadi kunci dari kasus ini yaitu Jiwa Admaja sama sekali tidak dipertimbangkan karena perkara ini berlandaskan kepada keterangan ahli, banyak keterangan Jiwa Admadja sebetulnya yang bisa menjadi satu dasar membuat putusan baik untuk Jerinx," ucap kuasa hukum, Jerinx.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...