Kelainan Kaki Bunion, ini Cara Merawat dan Mengobatinya!

Rani
Rani

Kelainan Kaki Bunion, ini Cara Merawat dan Mengobatinya! Cara merawat dan mengobati kelainan kaki bunion / foto: istimewa

winnetnews.com - Bunion lebih banyak terjadi pada wanita perbandingannya antara laki-laki dan wanita adalah sekitar 1:10. Fakta tersebut akhirnya memperkirakan kalau penggunaan sepatu yang sempit dan hak tinggi bisa meningkatkan resiko terkena bunion. Jika dibiarkan, kelainan ini bisa menyebabkan tulang menjadi rusak, bahkan bisa menyebabkan rematik.

Bunion bisa diatasi dengan melakukan perawatan secara telaten. Perawatan pada bunion meliputi metode bedah dan non-bedah. Metode non-bedah termasuk memilih sepatu yang lebar yang lebih nyaman dan memberikan ruang yang cukup bagi jempol kaki Anda. Dokter juga menyarankan penggunaan bantalan, penyangga, atau membalut kaki sehingga tetap berada pada bentuk normal. Obat-obatan seperti NSAID dan penyuntikan kortison dapat membantu mengendalikan rasa nyeri.

Baca juga: Pernah Liat Bentuk Jari Kaki Kayak Gini? Tanda Kelainan di Kaki Tuh!

Jika perawatan non-bedah gagal untuk memperbaiki kondisi yang terjadi, dokter akan menyarankan pembedahan. Tujuan dari tindakan bedah adalah menghilangkan jaringan yang bengkak di sekitar sendi, menggabungkan sendi yang terpengaruh sehingga dapat menjadi permanen, sesuai, dan lurus dengan kaki, atau meluruskan jempol kaki dengan mengangkat beberapa tulang. Namun, penting untuk diingat bahwa dokter hanya akan menyarankan pembedahan jika kondisi tersebut telah mulai mempengaruhi kehidupan Anda dan menyebabkan rasa nyeri yang hebat.

Bahkan setelah tindakan pembedahan apapun, Anda akan tetap harus melakukan perubahan gaya hidup untuk mencegah terjadinya kembali kondisi tersebut. Perubahan ini termasuk pada pemilihan sepatu dan menghindari pemakaian sepatu berhak tinggi, serta aktivitas yang diketahui dapat memperburuk atau memicu terjadinya bunion.

Apa Reaksi Kamu?