Kelenteng Berusia Ratusan Tahun di Bekasi

Kelenteng Berusia Ratusan Tahun di Bekasi

Wisata religi dan sejarah di Bekasi, kenapa tidak? Ada kelenteng berusia ratusan tahun peninggalan abad ke-18 yang masih berfungsi sampai sekarang. Namanya Kelenteng Hok Lay Kiong, yang terletak di Desa Margahayu.

Kelenteng Hok Lay Kiong berlokasi di Jalan Kenari 1, Desa Margahayu, Bekasi Timur. Lokasinya dekat dengan alun-alun, RSUD, juga Polres Kota Bekasi. Dibangun pada abad ke-18, kelenteng ini masih utuh dan aktif sebagai tempat peribadatan masyarakat Tionghoa di Bekasi.

Kelenteng seluas 650 m2 ini dikelola oleh Yayasan Tri Dharma. Meski sudah mengalami beberapa kali renovasi, pintu masuk utama tetap dipertahankan dan masih dalam kondisi asli.

Layaknya kelenteng pada umumnya, warna merah dan emas mendominasi. Kelenteng Hok Lay Kiong terdiri dari 2 lantai, arca dewa-dewi terdapat di beberapa altar. Lilin berbagai ukuran tersebar di tiap sudut, wangi dupa tercium samar-samar.

Selain jadi tempat beribadah umat Tionghoa, kelenteng ini juga jadi lokasi beberapa ritual terutama saat Tahun Baru China (Imlek).

Tak heran, toleransi antar umat beragama di sekitar Kelenteng Hok Lay Kiong pun sangat kental. Bisa jadi destinasi wisata religi sekaligus arsitektur dan sejarah saat berkunjung ke Bekasi.


image0