Keliling Jakarta Naik Helikopter Bareng Anies Baswedan, Begini Kata Menteri Basuki Soal Banjir
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (foto: Grid.ID)

Keliling Jakarta Naik Helikopter Bareng Anies Baswedan, Begini Kata Menteri Basuki Soal Banjir

Rabu, 1 Jan 2020 | 20:19 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hari ini mengecek kondisi banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Jakarta. Didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, keduanya berpatroli menaiki helicopter miliki Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selama sekitar satu jam mengudara, menteri yang kerap dipanggil Daendels ini menyaksikan sendiri titik-titik bajir di wilayah Jakarta, seperti Grogol dan Cawang.

“Saya sudah melihat beberapa titik yang tergenang banjir. Beberapa daerah tersebut transportasinya terhambat, contohnya adalah jalan tol di depan Universitas Tarumanegaram Grogol. Di Cawang ini sepertinya air terperangkap, jadi juga terendam di bawah underpass-nya. Yang di jalan bypass juga terendam,” papar Basuki, dikutip dari Suara.com, Rabu (01/01).

image0
Kondisi Jakarta pasca diguyur jujan lebat (foto: Kompas Money)

“Kemudian ada lagi daerah di Bidara Cina, Kampung Melayu, Cipinang Melayum Pulomas, Kelapa Gading, Deplu dan Kali Pesanggrahan, Kali Grogol, Lapangan Golf Pangkalan Jati, dan Setu Babakan,” lanjut Basuki.

Menurut Basuki, indikasi awal dari meluapnya debit air di beberapa wilayah ini terjadi karena curah hujan yang begitu deras. Hal ini kemudian membuat aliran air meluap dan berimbas banjir di perumahan masyarakat.

“Kita bayangkan ya, normalnya itu kan 50 milimeter hujan normal, menurut BMKG, 50 sampai 100 milimeter itu hujan lebat. Nah yang sampai Kepala BNPB itu tadi 377 milimeter,” jelas Basuki.

Meski begitu, Basuki telah mengantisipasi banjir yang terjadi di wilayah Jakarta. Salah satunya dengan menyiapkan pompa air.

"Kesiapan kita ada pompa-pompa yang dioperasikan oleh DKI. Udah disiapkan. Pompa-pompa mobile juga sudah."

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...