Keluar Nanah dari Penis? Ini Cara Menanganinya
ilustrasi

Keluar Nanah dari Penis? Ini Cara Menanganinya

Minggu, 23 Feb 2020 | 20:29 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sama halnya dengan vagina, penis keluar nanah atau cairan berwarna kuning juga merupakan tanda penyakit seksual menular (PMS). Keluarnya cairan seperti nanah dari penis bisa terjadi karena berbagai hal. Biasanya penyakit kelamin sering menjadi pemicunya. Oleh karena itu, pria harus bisa waspada dengan kondisi ini dan segera mencari cara mengobati penis keluar nanah agar tubuh tidak mengalami penurunan kualitas seksual dan reproduksi.

Penyebab Penis Keluar Nanah

Penis bisa mengeluarkan nanah karena beberapa kondisi penyakit di bawah ini. Pria bisa mengalami salah satu atau mungkin lebih.

1. Gonore

Penyebab penis keluar nanah yang paling sering adalah gonore. Penyakit ini bisa muncul karena adanya infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini masuk melalui aktivitas seks yang tidak sehat baik secara vaginal, anal, atau oral.

Selain mengeluarkan cairan warna kuning dari penis, ada hal lain yang terjadi pada pria. Tenggorokan terasa sakit saat digunakan untuk menelan atau sekadar berbicara saja. Selanjutnya area anus juga sakit dan bisa mengeluarkan darah saat sedang buang air besar (BAB).

2. Klamidia

Klamidia adalah penyakit yang menyerang saluran kencing atau uretra. Begitu terkena infeksi ini pria tidak akan langsung merasakan gejalanya. Tiga minggu setelah infeksi biasanya akan ada tanda seperti rasa gatal di lubang penis hingga keluarnya cairan warna kuning yang bukan air mani atau sperma.

Penyebab penis keluar nanah adalah bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini menyebabkan sekitar 60% infeksi saluran kemih pada pria. Jika infeksi ini tidak segera diobati bisa berdampak pada kemampuan seks pria dan juga kesuburannya.

3. Balanitis

Balanitis bisa terjadi pada pria yang tidak sunat atau tidak menjaga kesehatan penisnya dengan baik. Akibat sanitasi yang buruk, bakteri dan jamur akhirnya terkumpul dan menyebabkan infeksi yang cukup parah pada kepala penis sehingga warnanya jadi merah dan sensitif.

Penyakit ini bisa menyebabkan pria tidak nyaman dengan penisnya. Kondisi yang tidak nyaman ini akan semakin parah saat penis mulai mengeluarkan nanah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...