Keluarganya Dukung Jokowi - Ma'aruf, Ini Tanggapan Sandiaga

Oky
Oky

Keluarganya Dukung Jokowi - Ma'aruf, Ini Tanggapan Sandiaga

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menanggapi santai sikap politik keluarganya di Gorontalo yang melakukan deklarasi mendukung capres petahana Joko Widodo alias Jokowi.

“Tentunya sebagai sebuah pesta demokrasi, berbeda pilihan adalah hak setiap warga negara, termasuk keluarga saya,” ucap Sandiaga Uno di TV One, Jumat malam (1/3/2019).

Menurut Sandiaga Uno, keluarga yang memberikan dukungan kepada Jokowi merupakan keluarga dari ayahnya bermarga Uno. Anggota Paguyuban Uno memiliki anggota sekitar 1.000 orang.

“Hari ini sebagian dari saudara-saudara saya yang saya cintai, yang saya banggakan dari Gorontalo Utara, memberikan dukungan kepada Bapak Presiden Jokowi, dan tentunya kita harus hormati keputusan beliau serta keluarganya,” kata pria yang akrab disapa Sandi itu.

Dukungan keluarga kepada rival politik Sandi bukan hal baru. Pada Pilgub DKI Jakarta, beberapa keluarga Uno juga mendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Padahal, Sandi maju sebagai cawagub DKI mendampingi Anies Baswedan dan terpilih.

“Jadi, ini merupakan hal yang sangat normal ya di dalam era demokrasi kita sekarang. Dan kita harus merayakan perbedaan ini karena perbedaan ini justru akan memperkuat kita,” katanya.

“Saya bersyukur hari ini mendapatkan sebuah selebrasi daripada perbedaan tersebut, dan ini merupakan kekuatan daripada demokrasi kita,” tambahnya.

Kendati demikian, Sandi mengaku tidak mengenal siapa Rudi Hartono Uno, pria yang membacakan deklarasi dukungan keluarga Uno di depan Jokowi di Hotel Magna, Gorontalo, Kamis malam (28/2/2019).

“Saya tidak mengenal beliau, Pak Rudi. Tapi ada juga yang saya kenal baik, seperti Pak Suharso Monoarfa. Itu om saya. Itu pendukung Pak Presiden Jokowi. Pak Rudi ini (saya) gak kenal sama sekali. Belum pernah berinteraksi sama beliau,” kata Sandi.

Sandi tak heran dengan pilihan politik pamannya, Suharso Monoarfa mendukung Jokowi. Sebab, Suharso merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Pak Suharso Monoarfa, om saya sendiri itu, beliau penasihatnya Pak Jokowi. Dan tidak menjadi masalah apa-apa, kami tetap bersaudara, kami tetap menghargai satu sama lain,” tamnbahnya.

Suharso Monoarfa pernah menjabat sebagai menteri Perumahan Rakyat pada periode presiden SBY sebelum akhirnya digantikan oleh Djan Faridz. Sebelum ditunjuk sebagai menteri, Suharso merupakan anggota DPR periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Dikatakan Sandi, meski tak mengenal siapa Rudi Hartono Uno, namun dia mendengar bahwa pria itu adalah anggota partai politik pendukung Jokowi yang berstatus sebagai calon anggota legislatif (caleg).

“Saya mendengar beliau bergabung dengan salah partai pendukung Pak Jokowi, aktif di tim kampanye daerah Pak Presiden (Jokowi), dan juga beliau caleg. Jadi, sangat bisa dimengerti pilihan politiknya, pasti memilih Pak Presiden Jokowi,” beber Sandi.

“Buat saya, ini hal yang sangat natural, sangat manusiawi, apalagi pernyataan itu merupakan pernyataan politik sebagai kader dari sebuah partai pendukung aktif Bapak Presiden Jokowi,” tandas Sandi.

Rudi Hartono Uno saat ini tercatat sebagai calon anggota legislatif DPRD Provinsi Gorontalo dari daerah pemilihan 5 Kabupaten Gorontalo Utara. Dia berjuang melalui Partai Hanura.

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?