Skip to main content

Kemarau, Cabai Rawit Tembus Rp55 Ribu per Kg

Kemarau, Cabai Rawit Tembus Rp55 Ribu per Kg
Kemarau, Cabai Rawit Tembus Rp55 Ribu per Kg

image0

Harga kebutuhan pokok di Yogyakarta, khususnya sayur mayur, memasuki musim kemarau naik. Harga jenis sayur mayur yang naik cukup signifikan adalah komoditas cabai.

Dari pantauan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemerintah Daerah (Pemda) Yogyakarta, pada Kamis 6 Agustus 2015, di sejumlah pasar tradisional di Yogyakarta seperti pasar Demangan, Kranggan, dan Beringharjo, harga cabai merah rawit kini tembus Rp55 ribu per kilogram (kg).

Harga cabai naik dari sebelumnya Rp53 ribu per kg. Harga cabai merah keriting dari Rp31 ribu per kilogramnya naik menjadi Rp33 ribu per kg, dan harga cabai merah besar dari Rp23 ribu per kg naik menjadi Rp24 ribu per kg.

"Harga komoditas cabai merah rawit yang terus naik dalam tiga hari terkhir ini, disebabkan pasokan yang kurang dari petani," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Pemda Yogyakarta, Eko Witoyo.

Sementara itu, harga komoditas bawang merah dalam tiga hari terakhir ini justru menurun. Jika pada 3 Agustus 2015 harga masih di kisaran Rp16 ribu per kilogram, hari ini turun menjadi Rp14 ribu per kg. Selanjutnya, komoditas bawang putih masih stabil di harga Rp22 ribu per kg.

"Untuk komoditas sayur seperti tomat masih dalam kisaran Rp3.300 per kilogramnya, kol atau kobis Rp4.500 per kilogram," ujarnya.

Eko menjelaskan, untuk harga komoditas daging seperti daging sapi masih di kisaran Rp105 per kg, daging ayam broiler Rp36 ribu per kg, dan daging ayam kampung Rp75 ribu per kg.

"Untuk harga daging mulai dari awal pekan di bulan Agustus relatif stabil, dan belum ada penurunan semenjak Lebaran lalu," ungkapnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top