Kemendagri Jawab Keluhan Masyarakat Tentang Pembuatan e-KTP

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Kemendagri Jawab Keluhan Masyarakat Tentang Pembuatan e-KTP
WinNetNews.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kpendudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) menjawab berbagai macam keluhan masyarakat terhadap perekaman data KTP Elektronik (E-KTP).

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan, ada dua level penting terkait dengan E-KTP yakni level regulasi dan Implementasi. Dalam hal regulasi, pemerintah telah melakukan pembenahan mendasar dari pasif menjadi aktif.

Menurut Zudan, Dinas Dukcapil di daerah-daerah telah melakukan jemput bola untuk menuntaskan perekaman data di daerah-daerah.

“ Kami telah melakukan jemput bola baik dengan mobil keliling, datang ke kantor, datang ke kampus sampai ketingkat desa , sampai ke daerah pelosok, pegunungan, di ujung perbatasan itu dinas dukcapil sampai menjemput kesana baik dengan sepeda motor baik dengan mobil keliling ataupun berjalan kaki,” kata Zudan, seperti dikutp dari laman resmi Kemendagri. 

Selanjutnya, dari sisi regulasi ini pemerintah juga telah melaksanakan penyederhanaan prosedur yakni hanya dengan mengajukan atau membawa Kartu Keluarga (KK), masyarakat telah dapat merekam data. Disamping itu dalam pembuatan E-KTP ini pemerintah tidak memungut biaya dan masyarakat Indonesia dapat merekam data dimanapun.

Dari sisi implementasi, Zudan mengakui masih banyak kendala yang dihadapi oleh daerah-daerah seperti contohnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berpindah-pindah, kemudian adanya masalah geografis di daerah.

“Seperti daerah Maluku, Maluku Utara, NTT,Papua Barat, itu tergantung satelitnya sehingga kami mengakui agak lambat dan juga itu persoalan geografis dan sarana dari satelit sinyalnya seringkali putus nyambung putus nyambung,” ungkap Zudan.

 

Apa Reaksi Kamu?