Kemendikbud : Buleleng Menjadi Pusat Pendidikan Budaya di Wilayah Indonesia Timur

Kemendikbud : Buleleng Menjadi Pusat Pendidikan Budaya di Wilayah Indonesia Timur

Sabtu, 10 Sep 2016 | 17:26 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI berharap Kabupaten Buleleng, Bali, dapat menjadi pusat pendidikan pariwisata berbasis budaya di wilayah Indonesia Timur.

"Buleleng punya Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) yang kedepan sangat potensial dikembangkan menjadi perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan pariwisata berbasis budaya," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid di Kota Singaraja, Bali, Sabtu.

Ia mengatakan, pariwisata berbasis budaya merupakan salah satu komponen yang harus terus didorong untuk memajukan sektor pariwisata tanah air jika ingin menarik minat wisatawan lebih banyak dan berkualitas.

Pusat pendidikan pariwisata berbasis budaya lebih fokus mengelola menajemen pengelolaan kebudayaan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Saya kira Bali sebagai salah satu daerah berbasis budaya sudah mengetahui bagaimana mengelola itu dan hanya perlu dimaksimalkan dan diarahkan lagi. Mau ke mana Bali kedepan," papar dia.

Hilmar Farid juga menjelaskan, Pulau Dewata selama ini dikenal dunia karena budayanya hendaknya terus dipertahankan bahkan dikembangkan. "Bali saya kira sudah memiliki berbagai jenis budaya adiluhung dalam berbagai sektor dan bagaimana hal tersebut mulai dituangkan dalam bidang pendidikan," katanya.

"Jangan hanya bilang perguruan tinggi berbasis pariwisata saja, tetapi kedepan dapat dikembangkan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang fokus dalam bidang pariwisata budaya," katanya

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...