Skip to main content

Kemenhub akan Naikkan Tarif Taksi Online Mulai 1 April Nanti

Kemenhub akan Naikkan Tarif Taksi Online Mulai 1 April Nanti
Kemenhub akan Naikkan Tarif Taksi Online Mulai 1 April Nanti

WinNetNews.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menyesuaikan tarif taksi online dengan cara penetapan tarif batas atas dan batas bawah. Aturan baru pemerintah mulai berlaku pada 1 April 2017.

Menurut Komisioner Ombudsman, Alvin Lie Ling Piao, penyesuaian tarif taksi online ini dilakukan supaya terjadi persaingan yang sehat dengan taksi konvensional.

"Kami menekankan bukan hanya mengatur tarif saja tapi lebih bagaimana persaingan menjadi baik, bukan persaingan tidak sehat. Kami mendorong taksi konvensional menggunakan teknologi yang lebih maju agar bisa bersaing. Kami juga mengingatkan apakah dari perizinan, kewajiban konvensional ada enggak yang bisa kita pangkas lagi biayanya agar biayanya lebih turun," ujarnya.

Hal itu diungkapkan Alvin usai bertemu Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto, di kantor Kantor Ombudsman, Senin (20/3/2017).

"Kami tidak menolak peraturan itu, kami melihat harus diatur kalau tidak ini menjadi belantara, jalan sendiri-sendiri tanpa pengaturan kalau terjadi permasalahan tidak jelas pertanggungjawabannya," kata Alvin.

Alvin berharap semua pihak bisa menerima aturan baru ini. Jika ada kekurangan, aturan tersebut bisa direvisi setelah berjalan.

"Dijalanin dulu. Nanti kalau perlu ada perbaikan. Jangan apa-apa menolak dulu. Mengenai batasan tarif itu penting, karena dari tarif itu didapatkan penghasilan, penghasilan antara lain untuk perawatan mobil, kalau tidak ada ini dkhawatirkan saling banting harga, yang kena perawatan mobil," ujarnya.

"Kalau perawatan kena, keselamatan bagaimana? Semakin harga dibanting pengemudi perlu usaha keras, kalau usaha keras mereka istirahat kurang ujungnya kecelakaan lagi. Kita perlu menjaga atasan tarif cukup masuk akal untuk perawatan mobil," tambahnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top