Skip to main content

Kemenkeu Catat 12 Bank Yang Masuk Daftar Sistemik Tahun 2016

Kemenkeu Catat 12 Bank Yang Masuk Daftar Sistemik Tahun 2016

WinNetNews.com-Tahun 2016, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah melakukan pencatatan bahwa ada 12 bank yang termasuk dalam kategori Domestic Systematically Important Bank (DSIB) atau disebut bank sistemik.

Tapi belum diketahui dengan jelas nama-nama 12 bank yang masuk ke dalam kategori bank sistemik. Penetapan dari 12 bank ini masuk ke dalam kategori sistemik supaya tak memberi dampak yang lebih besar lagi apabila sewaktu-waktu terjadi krisis keuangan.

"Saya tidak bisa sebut namanya, tapi kalau jumlahnya ada 12 bank sistemik saat ini. Salah satu hal penting oleh inkonsistensi dia harus menyiapkan RRP atau Recovery and Resolution Plan," terang Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Basuki Purwadi dalam diskusi Mewujudkan Ketahanan Finansial di Indonesia, Gedung Pascasarjana UGM, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2016).

Adanya 12 bank sistemik ini berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK).

Guna mengubah statusnya dari bank sistemik jadi bank sehat, jumlah utang bank harus dikonversi jadi modal. Bank seperti ini bila dibiarkan akan memberi dampak terhadap bank lain atau kepada perekonomian nasional sewaktu terjadi krisis keuangan

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top