Skip to main content

Kemenperin Dorong Kinerja Industri Kulit dan Alas Kaki

Kemenperin Dorong Kinerja Industri Kulit dan Alas Kaki
Kemenperin Dorong Kinerja Industri Kulit dan Alas Kaki

WinNetNews.com-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong peningkatan kinerja industri kulit, alas kaki dan aneka karena menjadi kelompok industri pengolahan yang dikategorikan sebagai sektor prioritas dalam pengembangannya. Kelompok industri ini pun berperan strategis menjadi penghasil devisa negara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Temu Usaha, Pameran, dan Fashion Show Industri Alas Kaki, Kulit dan Aneka Nasional di Jakarta, Selasa (1/11) mengatakan,“ untuk itu diperlukan koordinasi yang kuat dengan lintas sektor sehingga industri kulit, alas kaki dan aneka kita bisamenjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi negara eksportir kelas dunia,”

Airlangga mengatakan, industri kulit, alas kaki dan aneka memberi kontribusi nilai ekspor sebesar USD 12,28 miliar atau 8,17 persen dari total ekspor nasional di tahun 2015. Kelompok industri ini juga mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1,1 juta orang atau 7,7 persen dari total tenaga kerja industri manufaktur dan jumlah nilai investasinya mencapai Rp 22,8 triliun. “Pada triwulan II tahun 2016,pertumbuhan industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki sebesar 7,74 persen, sedangkan pertumbuhan industri aneka mencapai 3,84 persen, ungkapnya.

Kelompok industri kulit, alas kaki dan aneka mencakup 11 sektor, yakni industri penyamakan kulit, industri barang dari kulit, industri alas kaki, industri kaca mata, industri alat ukur waktu, industri alat musik, industri mainan, industri alat tulis, industri perhiasan, industri alat olahraga, juga industri pengolahan lainnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top