Kementaerian KPP Siapkan Alat Tangkap Ikan Pengganti Cantrang
ilustrasi

Kementaerian KPP Siapkan Alat Tangkap Ikan Pengganti Cantrang

Minggu, 30 Apr 2017 | 16:25 | Rusmanto

WinNetNews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan 9 jenis alat tangkap yang bisa mengganti cantrang. Salah satu jenis yang dilirik mampu bekerja seperti cantrang namun lebih ramah lingkungan adalah gill net atau jaring insang.

"Dalam rangka penggantian cantrang, KKP telah menyiapkan 89 spesifikasi alat penangkapan ikan yang terdiri dari 9 jenis alat penangkapan," kata Kasubdit Alat Penangkapan Ikan Ditjen Perikanan Tangkap KKP, Endroyono.

Sebanyak 9 Jenis alat tangkap itu adalah jaring insang, trammel net, bubu lipat ikan, bubu rajungan, pancing ulur, rawai dasar, rawai hanyut, pancing tonda, serta pole and line. Pemilihan jenis alat tangkap ini didasari oleh masukan dari nelayan-nelayan di sejumlah daerah.

"Pemilihan jenis alat penangkapan ikan sesuai dengan usulan nelayan dengan mempertimbangkan spesies target penangkapan, kebiasaan nelayan dan ukuran kapal," ujar Endroyono.

Sementara jaring insang termasuk dalam kelompok jaring yang berbentuk empat persegi panjang berpelampung dan pemberat. Jaring ini juga dilengkapi tali ris bawah dan atas untuk menghadang ikan, sehingga ikan tertangkap dengan cara terjerat atau terpuntal.

"Dioperasikan di permukaan, pertengahan dan dasar secara menetap, hanyut atau melingkar dengan tujuan menangkap ikan pelagis dan demersal," ucap Endroyono.

Jaring pengganti cantrang ini dioperasikan dengan cara menghadang arah renang gerombolan ikan pelagis atau demersal yang menjadi sasaran tangkap. Pengoperasian jaring insang secara umum dilakukan di dasar laut seperti cantrang namun lebih ramah lingkungan karena tidak menerapkan metode sapu bersih.

Jaring insang berlapis biasanya dioperasikan di dasar laut untuk menangkap ikan demersal," imbuh Endroyono.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...