Skip to main content

Kementan Beri Usulan Bentuk Badan Penyangga Cabai

Kementan Beri Usulan Bentuk Badan Penyangga Cabai
Kementan Beri Usulan Bentuk Badan Penyangga Cabai

WinNetNews.com-Kementerian Pertanian memberi usulan pembentukan badan penyangga oleh perusahaan badan usaha milik negara guna menangani cabai dan bawang merah supaya lonjakan harga tak selalu terjadi tiap tahun.

"Cabai rawit, cabai keriting, dan bawang merah saat ini merupakan komoditas strategis yang bila kekurangan pasokan maka akan melonjak harganya, sehingga perlu penanganan yang sistematis dan strategis seperti beras," ucap Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono kepada pers di Jakarta, Senin.

Hal ini disampaikan setelah Dirjen Spudnik Sujono dan jajarannya rapat membahas khusus produksi, distribusi, dan stok cabai dan bawang merah yang kini mengalami lonjakan harga mencapai Rp50.000-Rp60.000 per kilogram.

Spudnik menyebut, perusahaan BUMN yang dapat ditunjuk oleh pemerintah guna menangani komoditas strategis itu adalah Perum Bulog dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) yang dinilai mempunyai pengalaman dan siap menangani komoditas strategis.

Badan penyangga tersebut, menurut dia, dapat diberi penugasan oleh pemerintah untuk beli cabai dan bawang merah sewaktu musim panen dan kemudian bisa menyimpan di gudang yang dimiliki serta kemudian dijual sewaktu harga mulai tinggi.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top