Kementerian Agama Tetapkan Idul Fitri 1439 H Jatuh pada 15 Juni

Cindy
Kamis, 14 Juni 2018 21:46 WIB
Oleh Cindy pada Kamis, 14 Juni 2018 21:46 WIB
Image Kementerian Agama Tetapkan Idul Fitri 1439 H Jatuh pada 15 Juni
Foto:Istimewa

WinNetNews.com-  Setelah menggelar sidang Isbat sore ini Kamis 14/6/2018, Pemerintah melalui Kementerian Agama sel memutuskan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada tanggal 15 Juni 2018. 

"Seluruh peserta sidang isbat bersepakat, dengan mendengarkan pertimbangan MUI, sidang isbat telah menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018," kata Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Setidaknya ada 12 pengamat rukyatul hilal yang memberikan kesaksian telah melihat hilal. Di antaranya di kawasan Manado, Palu, dan Gresik. 

"Sampai dengan sidang isbat dibuka kami telah menerima 12 kesaksian, kenyataannya jauh lebih banyak. Ada dari Manado, dari Palu, dari Gresik. Seluruhnya menyatakan kesaksikannya telah melihat hilal," tambah Menag. 

Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah.

Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

7 Benda ini Bisa Pengaruhi Kinerja di Kantor
Ayu Ting Ting Disebut Tiru Gaya Kate Middleton

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.