Kementerian BUMN Kebut Pembentukan Holding

Muchdi

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Kementerian BUMN Kebut Pembentukan Holding

WinNetNews.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara menargetkan pembentukan perusahaan induk di bidang energi, tol, pertambangan, dan keuangan terealisasi sebelum Juli 2016.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan PT Pertamina (Persero) akan menjadi perusahaan induk yang menaungi PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Dia menambahkan, kajian pembentukan holding energi sudah selesai dan tinggal menunggu penyusunan payung regulasi dalam bentuk peraturan pemerintah.

"Ini holding yang dipilih karena 100% dimiliki negara, bukan yang sudah menjadi perusahaan publik. Insya Allah terbentuk sebelum hari raya (Idull Fitri)," jelasnya di Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Dalam proses pembentukan holding energi, pemerintah sebagai pemegang saham Pertamina dan PGN akan melakukan inbreng aset Pertagas - anak usaha Pertamina - ke PGN. Jika terealisasi, ini akan melanjutkan rencana yang sempat muncul pada 2014 di mana Pertagas dan PGN didorong untuk merger.

 

Rini mengatakan, selain Pertamina, Kementerian BUMN juga akan mengarahkan PT Danareksa (Persero) sebagai perusahaan induk di sektor keuangan, mencakup perbankan, asuransi, dan jasa keuangan lainnya.

PT Hutama Karya (Persero) juga akan didorong menjadi perusahaan induk di sektor jalan tol yang akan membawahkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

"Target kita kan membangun 1.290 km jalan tol, Jasa Marga sampai ulang tahunnya yang ke-38, cuma membangun 700 kilometer. Makanya dalam dua tahun akan bertambah ," jelasnya.

Di sektor pertambangan, PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) juga akan menjadi perusahaaan induk yang menaungi PT Pertambangan Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, dan PT Timah (Persero) Tbk.

Konsolidasi perusahaan pelat merah di bidang pertambangan ini diharapkan bisa menggenjot hilirisasi produk tambang sehingga memiliki nilai tambah yang lebih besar.

Sumber dari Bisnis, Jakarta

Foto: Antara

 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...