Kementerian ESDM Optimis Belanjakan 65% Anggaran Tahun Ini

Kementerian ESDM Optimis Belanjakan 65% Anggaran Tahun Ini

WinNetNews.com - Selama sepuluh bulan berjalan serapan anggaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih tergolong minim yakni 30,7%. Seperti diketahui, total anggaran Kementerian ESDM tahun ini mencapai Rp 14,915 triliun. Dengan demikian, hingga saat ini, anggaran yang terserap baru Rp457,89 miliar.

Menteri ESDM, Sudirman Said, mengaku serapan anggaran Kementerian yang dipimpinnya ini masih minim. Namun demikian, dari 30,7% tersebut 15% di antaranya terserap hanya dalam waktu dua bulan. Dengan demikian dirinya optimistis hingga akhir tahun ESDM dapat menyerap anggaran hingga 65%.

Sudirman menuturkan pihaknya sudah berhasil mengurai sumbatan-sumbatan yang menghambat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan untuk Kementeriannya. Hal ini di antaranya dengan membuka lelang secara besar-besaran tujuh bulan lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan.

Disebutkan akan ada tiga tahapan lelang, di mana tahap pertama dilaksanakan pada 4 November 2015 untuk 1.299 paket dengan nilai Rp711 miliar. Pada tahap dua akan dibuka pada 2 Desember 2015 untuk 114 paket dengan nilai Rp803,57 miliar, dan terakhir juga dilaksanakan pada Desember yakni 114 paket dengan nilai Rp3,168 triliun.

Menurut Sudirman, lelang tahap pertama akan selesai pada Januari 2016, dan diharapkan dapat dilanjutkan dengan penandatangan kontrak. “Tahap kedua diharapkan selesai Februari dan kemudian yang terakhir April sudah bisa selesai,” katanya.

Hal ini menurutnya akan mempercepat penyerapan anggaran pada 2016. “Ini dilakukan tujuh bulan lebih cepat dari waktu yang ditentukan,” tuturnya.

disadur dari bisnis indonesia