Kenalan dengan 2 Ibukota Budaya Eropa Tahun 2016

Kenalan dengan 2 Ibukota Budaya Eropa Tahun 2016

Sabtu, 23 Jan 2016 | 11:50 | Rusmanto
WinNetNews.com - Kota-kota yang masuk dalam European Capitals of Culture punya akar budaya yang kuat. Yuk, kenalan dengan 2 kota yang menyandang predikat tersebut tahun ini.

European Capitals of Culture alias Ibukota Budaya Eropa adalah predikat tahunan yang digelar European Commission. Kota-kota yang masuk dalam daftar tersebut bukanlah yang 'mainstream' seperti ibukota negara, melainkan kota-kota sekunder yang punya akar sejarah dan budaya yang kuat.

Penganugerahan European Capitals of Culture terhadap kota-kota di Eropa sudah dilakukan sejak 1985. Tahun 2015 lalu, dua kota yang menyandang predikat tersebut adalah Mons (Belgia) dan Plzen (Republik Ceko).

Tahun ini, dua kota yang menyandang Ibukota Budaya Eropa adalah San Sebastian (Spanyol) dan Wroclaw (Polandia). Mengutip situs resmi European Commission, Selasa (19/1/2016), beberapa kota juga sudah diplot untuk menjadi Ibukota Budaya Eropa sampai tahun 2019.

San Sebastian yang terletak di Basque Country, Spanyol adalah salah satu kota pantai terbaik di Eropa. Bayangkan, Anda bisa berjemur dan berenang di pantai yang berseberangan langsung dengan bangunan dan gereja bersejarah. Kota cantik ini terbagi menjadi 6 kawasan yakni Old Town (Parte Vieja), Gros, Amara, Centro, Antiguo, dan Aiete.

image0

Destinasi wisata yang tak boleh terlewat di San Sebastian adalah Monte Igueldo. Berlokasi di ujung barat Teluk La Concha, traveler bisa mendaki bukit dan melihat panorama kota dari ketinggian. Dua pantai teluk yang tak boleh dilewatkan adalah La Concha dan La Zurriola.

Anda bisa berjemur, berenang, juga berselancar ria di deretan pantai San Sebastian. Mulai sore hari, mampirlah ke restoran atau bar setempat untuk mencicipi tapas.

image1

 

Sementara itu, Wroclaw di Polandia adalah salah satu kota yang memiliki bangunan gothik terbanyak di Eropa. Wroclaw adalah kota terbesar keempat di negara tersebut, dan menjadi tuan rumah banyak event internasional seperti Euro 2012 Championship.

Kawasan kota tua di Wroclaw menjadi destinasi favorit wisatawan. Di kawasan ini turis bisa memotret dan memasuki tempat-tempat wisata seperti Market Square, Town Hall, St Elizabeth Church, serta tentunya National Museum.

image2

Di kawasan lainnya yakni Midtown (Srodmiescie), traveler bisa mengunjungi Cathedral Island (Ostrow Tumski). Ini adalah gabungan beberapa pulau mungil berisi bangunan bersejarah, sangat indah!

Wroclaw sendiri dihuni sejak tahun 900-an Masehi. Dulu kota ini sempat direbut oleh Silesia, Bohemia, dan Hungaria. Tak heran, banyak bangunan gothik yang sangat fotogenik!

Salah satu tujuan diadakannya European Capitals of Culture adalah menarik minat wisatawan untuk datang ke kota-kota 'antimainstream'. Dua kota ini, San Sebastian dan Wroclaw bisa jadi tujuan Anda selanjutnya!

image3

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...