Kenali 5 Perbedaan Pilek karena Virus Corona dan Flu Biasa
Ilustrasi

Kenali 5 Perbedaan Pilek karena Virus Corona dan Flu Biasa

Kamis, 1 Okt 2020 | 19:10 | Anggara Putera Utama
Winnetnews.com -  Di masa pandemi virus corona (Covid-19) ini, mengalami gejala runny nose alias pilek tentunya akan membuat kita khawatir.

Pasalnya pilek juga bisa menandakan seseorang terinfeksi virus corona.

Alhasil mereka yang mengalami gejala pilek pun dibuat bingung apakah gejalanya itu disebabkan oleh Covid-19 atau flu biasa (influenza).

Melihat hal itum memang tidak ada cara yang benar-benar efektif untuk membedakan gejala corona dengan pilek biasa.

Satu-satunya cara untuk membedakan gejala corona dengan pilek biasa adalah dengan dengan melakukan tes Swab.

Diketahui tes swab sendiri menurut Mayo Clinic, merupakan proses pengambilan sampel lendir dari saluran pernapasan.

Caranya dengan mengusap tenggorokan melalui mulut dan hidung.

Hal ini dilakukan karena virus corona sama seperti flu, yaitu menyerang saluran pernapasan, sehingga hasil dari sampel tersebut akan diuji kebenarannya di laboratorium.

Meskipun demikian, kita masih bisa mencoba melakukan identifikasi gejala awal infeksi corona dengan cara mengenali ciri-ciri gejala pilek yang dirasakan berikut ini;

1. Bersin

Bersin kerap dikaitkan dengan pilek dan flu biasa. Bersin diyakini bukan gejala corona.

Akan tetapi jika bersin disertai suhu tinggi demam, batuk dan hilangnya kemampuan indra perasa dalam waktu yang lama, mungkin kita patut curiga.

2. Sesak Napas

Sesak napas bisa menjadi gejala corona. Gejala ini dianggap cukup mencolok untuk menjadi pembeda flu dan Covid-19.

Sesak napas sendiri jika disertai gejala lain maka patut dicurigai.

Sebab sesak napas bukanlah gejala umum dari flu meskipun pada flu sesak napas dapat pula muncul. Sesak napas lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami Covid-19.

3. Waktu penyakit

Mereka yang terinfeksi Covid-19 menurut CDC umumnya akan mengalami waktu yang lebih lama untuk mengembangkan gejala corona dibanding mereka yang flu.

Pada flu umumnya seseorang mengembangkan gejala mulai 1 hingga 4 hari usai infeksi.

Akan tetapi pada Covid-19 gejala dapat muncul 5 hari setelah seseorang terinfeksi. Paling cepat 2 hari, dan paling lambat 14 hari setelah terinfeksi virus corona.

4. Hidung berair

Gejala pilek atau hidung berair bukanlah alasan yang tepat bagi seseorang untuk melakukan tes virus corona.

Jika tidak memiliki gejala corona lainnya tetapi memiliki gejala seperti pilek, maka tidak perlu dites dan tidak perlu mengisolasi diri. Hal tersebut sebagaimana disampaikan NHS Skotlandia.

5. Kehilangan bau dan rasa

Pada Agustus, para peneliti Eropa menemukan bahwa hilangnya bau khas virus corona berbeda dengan gejala flu biasa atau flu (Influenza). Pasien Covid-19, umumnya mengalami hilangnya bau 'tiba-tiba' dan 'parah'.

Demikian pula, pasien virus corona yang kehilangan rasa tidak dapat mengidentifikasi perbedaan antara pahit atau manis. Virus corona diduga memengaruhi sel saraf yang terkait dengan penciuman dan rasa sehingga kondisi demikian terjadi.

Nah, itulah lima cara mengidentifikasi beda gejala corona dengan flu biasa. Kenali sejak dini agar bisa mendeteksi infeksi virus corona lebih awal untuk mencegah penyebaran yang lebih luas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...