Kenali 8 Kondisi Kesehatan Melalui Lidahmu

Kenali 8 Kondisi Kesehatan Melalui Lidahmu

Kamis, 9 Mei 2019 | 20:07 | Aldina Putri Nst

Winnetnews.com - Salah satu organ yang  paling penting perannya dalam proses konsumsi adalah lidah. Kamu dapat berbicara, makan, ataupun mengecap sesuatu pasti menggunakan lidah.

Tak hanya sebagai pengecap dan perasa ternyata lidah juga dapat menjadi tanda jika ada yang salah dalam kesehatanmu. Mengutip Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa kondisi kesehatan yang dapat kamu lihat melalui lidah saja.

Lidah berwarna merah (seperti stroberi)

Kondisi yang kamu alami jika memilki lidah dengan warna ini bisa jadi menandakan kamu sedang kekurangan zat besi atau vitamin B12. Seperti yang diketahui bahwa keduanya memiliki peran penting untuk lidah guna membentuk papilla. Hal yang terjadi jika kamu kekurangan hal tersebut, akan terjadi rasa sakit saat mengonsumsi makanan panas dan pedas.

Lidah dengan warna kecoklatan atau kehitaman

Jika lidah dengan warna hitam, biasanya dikarenakan kebiasaan merokok, minum kopi dan the hitam. Nah, untuk menghilangkan warna tersebut, kamu disarankan agar menyikat lidah dengan alat pembersih lidah atau dengan menyikatnya juga ketika sedang sikat gigi.

Lidah dengan warna putih (seperti keju)

Kondisi lidah dengan warna putih ini biasanya dikarenakan adanya infeksi jamur, lidahmu bias berupa infeksi ragi oral yang disebabkan oleh konsumsi candidi yang berlebihan.

Lidah keriput

Lidah seperti ini adalah tanda penuaan dikarenakan umur yang semakin bertambah. Jika ada celah dan retakan pada lidahmu, itu menandakan adanya masalah dengan kebersihan gigi.

Lidah alami bercak kecil putih

Ini bisa diartikan bahwa adanya iritasi di dalam mulutmu. Jika bercak putih tersebut tidak terasa sakit, ada kemungkinan bahwa itu adalah leukoplakia yang disebbkan oleh pertumbuhan sel yang berlebihan dan biasanya hal ini terjadi kepada perokok. Leuplakia ini sendiri dapat dihilangkan saat kamu berhenti merokok.

Lidah alami rasa seperti terbakar

Jika kamu menggunakan pasta gigi yang tidak sesuai, maka lidah akan terasa menyengat dan terbakar seperti tersiram air.

Lidah terdapat luka

Rasa sakit pada lidah yang hilang timbul tersebut biasanya terjadi diakbiatkan oleh stres yang kamu sedang alami. Namun, luka pada lidah tidak bias menular.

Lidah seperti berlubang dan berwarna merah terang

Hal yang satu ini kemungkinan besar disebabkan oleh kanker lidah jika lubang tersebut tidak menghilang dalam waktu dua minggu. Biasanya gejala ini dating kepada prokok atau orang yang terkena virus HPV. Ada baiknya melakukan pemeriksaan dini jika ini terjadi kepada kamu, karena umumnya gejala pada kanker stadium awal tidak terasa sakit.

 

 

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...