Kenali Cirinya Lewat 4 Hal Ini, Gemuk Air Atau Gemuk Lemak?
Ilustrasi lemak di perut. ©Shutterstock-Tanawat Pontchour

Kenali Cirinya Lewat 4 Hal Ini, Gemuk Air Atau Gemuk Lemak?

Minggu, 23 Des 2018 | 17:25 | Muchdi

WinNetNews.com -  Tubuh tak hanya bisa gemuk lantaran menyimpan lemak. Tapi juga bisa disebabkan karena air yang tersimpan di dalam jaringan tubuh ataupun dalam pembuluh darah.

Jika berat badan Anda naik dalam beberapa hari tapi Anda tak merasa sudah melahap banyak makanan, bisa jadi Anda terkena retensi air atau cairan.

Retensi air memang menyebabkan penambahan berat badan. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti konsumsi natrium atau karbohidrat berlebih, dehidrasi, gaya hidup, hormon, obat-obatan bahkan cuaca.

"Bobot air umumnya berkaitan dengan konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, kurang berolahraga atau kegiatan lain yang mengeluarkan keringat sehingga tubuh Anda bisa membuang garam yang ada," jelas Dr. John P. Salerno selaku pendiri The Salerno Center pada This Is Insider.

Lebih lanjut Dr. Salerno juga menyebut retensi air juga bisa disebabkan oleh disfungsi ginjal. "Terkadang ada hubungannya dengan disfungsi ginjal, di mana ginjal tidak bisa menyebar air. Juga ketidakseimbangan hormon, retensi cairan bisa diperparah oleh siklus yang bermasalah," tambahnya.

Untuk itu, konsumsi bahan makanan yang mengandung potasium dan meminum banyak air bisa bantu atasi hal ini. Daripada salah, Seperti dikutip dari situs detikFood, Jakarta, dikutip Minggu (23/12/2018), berikut empat tanda bahwa tubuh Anda terkena retensi cairan.

1. Pembengkakan di beberapa bagian tubuh

Jika pergelangan tangan, pergelangan kaki atau jari tangan membengkak, bisa jadi itu berasal dari penambahan berat air yang diakibatkan retensi cairan. Hal itu bisa dirasakan lewat cincin yang mulai terasa kencang dari biasanya.

"Untuk masyarakat umum, mereka bisa melihat pembengkakan dan cairan di sekitar pergelangan kaki mereka, kaus kaki yang meninggalkan lekukan misalnya. Itu semua retensi air, berat airlah yang menyebabkan kenaikan berat badan," ungkap Dr Salerno.

2. Lekukan di kulit

Coba lakukan satu hal yang mudah dicoba ini. Coba tekan kulit dan lihat bekas lekukannya. Jika masih terlihat selama beberapa detik, itu pertanda Anda terkena retensi air.

3. Berat badan naik dalam waktu singkat

Ini jadi tanda yang paling umum. Tandanya berat badan naik sebesar setengah hingga satu setengah kilogram. Sebab untuk menambah setengah kilogram lemak, Anda harus makan sebesar 3.500 kalori.

4. Perut kembung dan buncit

Anda dijamin tak akan gemuk jika terapkan pola makan satu kali sehari. Tapi hal itu bisa sebabkan tubuh kembung. Kalau perut kembung dan buncit sehabis makan bisa jadi itu disebabkan retensi cairan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...