Kenali Kanker Kelenjar Getah Bening yang Paling Umum Terjadi
ilustrasi

Kenali Kanker Kelenjar Getah Bening yang Paling Umum Terjadi

Sabtu, 8 Jun 2019 | 09:12 | Rusmanto

Winnetnews.com - Tubuh memiliki banyak kelenjar getah bening (limfa), seperti di ketiak, sela paha, atau paha dagu. Fungsinya untuk menghasilkan cairan yang mengandung sel darah putih untuk mencegah bakteri atau virus sehingga infeksi bisa dicegah. Nah, pada bagian tersebut sel kanker bisa berkembang dan kondisi dikenal dengan limfoma. Bagaimana gejala kanker getah bening?

Ciri dan gejala kanker getah bening (limfoma)

Sel kanker yang menyerang limfa bisa memperburuk sistem kekebalan tubuh. Tanpa perawatan, infeksi jadi lebih mudah terjadi, menyebabkan komplikasi, dan bisa berakibat fatal. Untuk itulah Anda perlu mengetahui bagaimana gejala dan ciri kanker kelenjar getah bening yang umumnya terjadi supaya bisa dicegah dan diobati lebih cepat.

1. Kelelahan

image0

Lelah dan lesu jadi pertanda bahwa tubuh sedang tidak sehat. Diperkirakan sekitar 9 dari 10 orang yang memiliki limfoma lebih mudah mengalami kelelahan.

Akan tetapi, tingkat kelelahan setiap pasien berbeda-beda, bisa ringan maupun kronis. Jadi jika Anda merasa kelelahan terus-terusan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dan jangan menyepelekannya.

2. Demam disertai menggigil dan berkeringat di malam hari

image1

Demam adalah respon alami jika tubuh mengalami infeksi, tapi juga bisa jadi tanda adanya limfoma. Biasanya pasien limfoma akan mengalami demam dengan derajat yang relatif rendah, disertai tubuh kedinginan, menggigil, dan tubuh mengeluarkan banyak sekali keringat di malam hari.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...