Kenali Karakter Bos Anda !

Kenali Karakter Bos Anda !

Perlu dibedakan, bos berbeda dengan pemimpin. Jika pemimpin berjalan berdampingan dengan karyawan demi meraih tujuan, bos cenderung menyuruh dan menuntut. Nah melansir laman okezone, berikut macam – macam bos yang berada di kantor Anda.

Bos yang bangga dengan kekuasaannya

Bos tipe ini bangga dengan kekuasaan dan otoritasnya tidak hanya di kantor tapi juga di rumah. Ia sangat bangga akan posisinya. Dia juga terang-terangan posesif pada jabatannya dan selalu ingin memberikan kesan bahwa ia benar-benar mengendalikan situasi, bahkan jika kenyataannya tidak.

Bos yang merasa superior

Bos tipe ini senang berteriak pada bawahannya. Dia merasa superior dan menganggap orang lain salah. Dia tidak suka berbaur dan tidak menolerir kesalahan. Caranya duduk dan caranya menatap membuat Anda gugup meski belum mengucap sepatah kata pun.

Bos yang mengintimidasi

Sikapnya agresif dan memaksa. Egonya yang besar digunakan untuk mengancam. Di sisi lain sebenarnya dia sadar jika intimidasi bisa membuat karyawan membangkang. Karena takut karyawan tidak menuruti perintahnya, ia kerap mencari-cari kesalahan bawahan.

Bos yang kurang kompeten

Bos tipe ini memberikan kesan bahwa dia sebenarnya tidak menyukai pekerjaannya. Ia kemungkinan berasal dari karyawan perusahaan yang dipromosikan namun tidak memiliki kualitas. Dia dipilih karena tidak ada pilihan lain. Anda bisa mengetahuinya lewat pidato di awal rapat. Keberadaannya seringkali menjadi bahan olok-olok karyawan meski sebenarnya dia sangat bekerja keras.

Bos yang memengaruhi

Dia memberikan pengaruh positif dan bisa meyakinkan karyawan bawahan untuk tetap produktif di tengah krisis. Namun, tidak semua bos yang memengaruhi bisa menginspirasi. Umumnya mereka bersikap sangat profesional dan berharap karyawan dapat berlaku sama.