Kenali Kuliner Khas Sragen yang Bikin Ngiler ini! Jangan Cuma Kenal Ritual Seks Gunung Kemukus Aja Bro!

Kenali Kuliner Khas Sragen yang Bikin Ngiler ini! Jangan Cuma Kenal Ritual Seks Gunung Kemukus Aja Bro! Soto Girin khas Sragen yang sangat terkenal kelezatannya.

winnetnews.com - Jangan meremehkan Sragen, jika makanan keluar, pasti membuat kamu ternganga. Saat ini kota Sragen sedang mendapat sorotan dunia akibat kontroversi ritual seks Gunung Kemukus untuk pesugihan, namun dibalik kelamnya ritual tersebut, kamu harus tau kalau Sragen juga menyimpan kuliner yang tak kalah nikmat. Beberapa makanan lezat yang khas bisa kamu temukan di bumi Sukowati ini. Jika berkunjung ke sana, kamu bisa menjajaki tempat-tempat kuliner berikut ini!

Soto Girin

soto girin sragen rivew

Bagi warga Sragen nama Soto Girin sudah tidak asing bahkan sudah menjadi legenda dan salah satu icon wisata kuliner di Kabupaten Sragen. Mbah Girin mulai merintis membuka warung soto sejak tahun 1954 silam. Kurang lebih 32 tahun Mbah Girin mengelola warung soto miliknya, hingga tahun 1984. Sejak dulu, warung soto Girin ini tak pernah sepi dari pelanggan. Lokasinya terletak di Jalan Raya Sukowati No.488, Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen.

Sejak anak-anaknya masih kecil, Mbah Girin sudah mengajari anak-anaknya bagaimana cara memasak soto yang nikmat. Alhasil, semua anak-anaknya yang berjumlah empat orang, memilih jalan hidup yang sama dengan Mbah Girin yakni menjadi penjual Soto yang sukses. Salah satu anaknya bernama Gimo yang kini mempunyai warung soto sendiri yang bernama Soto Gimo Girin.

Soto ini memang lain dari yang lain, seolah memiliki aura magic soto ini mampu menghipnotis setiap pelangganya dengan kuah segar beraroma khas kuali dan perapian arang kayu.

Rahasia kehebatan soto ini adalah terletak pada cara memasaknya yang tidak pernah di rubah dari sejak didirikan oleh Bapak Girin, soto ini dimasak didalam kuali yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar sebagai perapianya dan tentunya menggunakan bumbu2 rahasia yang tidak akan pernah saya ketahui rahasianya, konon sekitar tahun 1980an pernah seorang pengusaha sukses dari ibu kota menawarkan ratusan juta untuk membeli bumbu soto ini tapi ditolak dengan sopan oleh Bapak Girin dengan alasan bahwa sebenarnya tidak ada rahasia bumbu pada soto ini hanya saja sesepuhnya  Bapak Girin mengatakan kalau soto ini akan berubah rasa apabila di buka di lain tempat.

 

Botok Mercon

Botok mercon Sragen

Yang nggak suka pedas jangan coba-coba! Tapi bila kamu adalah pencintanya, maka seperti menikmati makanan rasa surga. Pedasnya begitu terasa hingga membuat lidah panas. Jangan khawatir, meski terkenal pedas tapi menu ini tetap aman dikonsumsi. Bahan yang digunakan untuk membuat botok mercon biasanya adalah ikan patin. Sedangkan penjualnya, bisa kamu temukan di Warung di dekat Jembatan Gawan milik Wiro Admojo dan Tumiyem.

Pecel Tumpang

pecel tumpang Sragen

Pecel Tumpang ini adalah salah satu makanan khas dan paling dicari di Sragen. Kamu bisa menemukannya di Warung Mak Eto. Saat ini pemilik warung adalah generasi kedua setelah Mak Eto sendiri. Rasanya tetap sama, bumbu pecel yang legit dan pedas tetap nendang di lidah. Karena sudah terkenal, warung ini sudah ramai pembeli sejak pagi. Lokasinya terletak di