Kenali Penyakit Autoimun dan Cara Mencegahnya

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Kenali Penyakit Autoimun dan Cara Mencegahnya Sumber: Phillyvoice.com

Winnetnews.com - Musisi Indonesia Ashanty beberapa waktu yang lalu dalam akun Instagramnya sempat mengungkapkan kalau dirinya terkana penyakit autoimun. Penyakit autoimun merupakan sebuah kondisi di mana sel imun yang ada di dalam tubuh tidak bisa membedakan sel pembawa penyakit dan sel tubuh.

Jika dalam keadaan normal sel imun akan melawan sel pembawa penyakit, saat terkena penyakit autoimun maka sel imun juga kan menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Dilansir dari IDN Times, berdasarkan hasil penelitian Emerging Infectious Disease pada 2004 lalu, pengidap penyakit ini 78 persennya adalah wanita. Hal tersebut terjadi karena adanya pengaruh hormonal. Esterogen dan androgen yang banyak ditemui pada wanita, dapat menstimulasi respons imun sehingga sulit mengenali sel tubuh.

Penyakit autoimun sendiri terdiri dari 80 jenis yang berbeda di dunia. Jenis tersebut diklasifikasikan berdasarkan dampak penyakit dan organ mana yang diserang oleh sistem imun. Namun, jenis penyakit autoimun yang sering diderita oleh masyarakat yakni, radang sendi (Rhemuatoid arthiritis), penyakit tiroid hashimoto, penyakit celiac, penyakit graves, dan diabetes tipe 1.

Secara umum, gejala yang dialami oleh penderita penyakit autoimun aalah kelelahan, ruam di kulit, rambut yang rontok, demam, serta pembengkakan pada tubuh.

Faktor dari timbulnya penyakit autoimun ini yaitu genetik, riwayat penyakit autoimun pada individu, serta infeksi bakteri dan virus tertentu. Selain itu, paparan zat kimia tertentu juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit autoimun.

Kalau kamu memiliki keinginan untuk terhindar dari penyakit ini, maka mulai lah untuk menjaga berat badan, tidak merokok, perbanyak makan sayur dan buah, serta hindari makanan yang tidak sehat.

Apa Reaksi Kamu?