Kenali Tanda-tanda Pasangan yang Suka Berbohong
Sumber foto:Unsplash

Kenali Tanda-tanda Pasangan yang Suka Berbohong

Jumat, 16 Okt 2020 | 19:30 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Tak sedikit orang yang terbiasa berbohong untuk menutupi kesalahannya. Kita mungkin tidak menyadarinya, lantaran mereka begitu lihai berkelit. Akan tetapi, bila diperhatikan baik-baik, mereka sebenarnya berusaha menyembunyikan sebagian atau seluruh fakta dari kita.  

Mengenali gelagat ini mungkin terasa sulit pada awalnya. Namun, secara umum, ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita perhatikan untuk mengetahui bila pasangan kita berbohong. 

Melebihkan cerita

Salah satu bentuk kebohongan yang paling sering ditemui adalah kecenderungan untuk melebih-lebihkan suatu cerita. Menurut Psychology Today, biasanya orang akan melebih-lebihkan cerita karena ingin mempertahankan suatu citra mereka di hadapan orang lain. Ada juga orang yang melebihkan suatu cerita atau pencapaian karena ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Memutar balikan fakta

Salah satu ciri orang yang lainnya adalah bila pasangan kamu kerap melakukan gaslighting atau memutarbalikkan fakta dalam suatu argumen, sampai-sampai, kamu merasa bahwa semua yang terjadi adalah kesalahan kamu.   
Perlu diketahui bahwa seseorang yang melakukan gaslighting berusaha memanipulasi kamu.

Suka merubah topik

Masih berhubungan dengan poin nomor tiga, ciri lain pasangan yang suka berbohong adalah kerap mengalihkan topik pembicaraan. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghindari pembahasan mengenai hal yang tak ingin mereka ucapkan, misalnya soal kesalahan yang mereka dilakukan. 

Mudah marah

Selain itu, ciri lainnya adalah ketika pasangan kamu cenderung cepat marah dan defensif ketika membahas masalah yang terjadi dalam hubungan asmara. Alih-alih memberikan penjelasan dan berusaha menyelesaikan masalah, mereka akan bersikap defensif.


Sering berbohong ke oranglain

Saat melihat pasangan berbohong terhadap orang lain, kamu mungkin merasa bahwa itu tidak masalah, karena setidaknya mereka tidak berbohong kepada kamu.

 Padahal, tidak demikian. Hanya karena kamu tidak merasa dibohongi, bukan berarti mereka berlaku jujur dalam hubungan asmara. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...