Kenapa Ahok Nekat Mengkandangkan Metromini

Kenapa Ahok Nekat Mengkandangkan Metromini

WinNetNews.com - Ahok mengatakan PT Metromini punya banyak alasan tiap kali diajak bergabung dengan TransJakarta, misal belum keluarnya Surat Keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terkait kepengurusan PT Metromini yang mana yang dianggap sah.

Artinya dualisme menjadi penghalang signifikan. “Padahal siapapun yang punya bus kami akan terima, dicap apapun (Metromini, Kojapa, Kopami), saya akan terima," kata Ahok, Senin (21/12).

Namun tawaran yang disebut Ahok telah dilayangkan sejak dua tahun lalu itu, sampai sekarang tak kunjung mendapat sambutan positif dari PT Metromini. Menurut Ahok, pemilih Metromini hanya menjawab “Iya, iya,” saja.

Kekesalan Ahok makin memuncak saat melihat bus-bus Metromini yang sudah amat bobrok bahkan tak layak jalan, masih berseliweran di jalanan DKI Jakarta.

 

Ahok kesal, sebab Metromini tak mau diajak bergabung dengan PT Transjakarta, tapi tidak juga membenahi armadanya.

Tak hanya itu, banyak Metromini yang tidak lolos uji KIR dan akhirnya dikandangkan oleh Pemprov. Dari sekitar 3.000 Metromini yang ada di Jakarta, kata Andri, ada 1.600-an yang statusnya disita Pemprov.

Aksi menyita bus-bus Metromini salah satunya dilakukan agar para pemilik mau bergabung dengan PT TransJakarta. Namun kini para pemilik dan sopir Metromini malah menggelar aksi mogok dan mendesak agar bus-bus yang dikandangkan dikembalikan lagi ke jalan.

Permintaan itu ditanggapi sinis oleh Ahok. Dia berkata, untuk apa mengembalikan bus yang sudah menghilangkan banyak nyawa warga Jakarta. Yang terbaru, ada 18 orang harus meregang nyawa karena bus Metromini ditabrak kereta rel listrik di Tubagus Angke lantaran menerobos palang perlintasan kereta.

(seperti dilansir Detik)