Kenapa Bumi Bisa Dihuni? Ini Penjelasan Alquran Dan Sains
Sumber foto : istimewa

Kenapa Bumi Bisa Dihuni? Ini Penjelasan Alquran Dan Sains

Selasa, 25 Jul 2017 | 22:13 | Oky

Winnetnews.com - Bumi yang sedang kita pijak saat ini sebenarnya sedang berotasi dan mengelilingi matahari melalui orbitnya. Jika dipikirkan secara seksama, makhluk yang ada di atas permukaan Bumi seharusnya akan terlempar begitu ia berotasi.

Bumi diketahui memiliki kecepatan rotasi mencapai 1.000 mil/jam dan berputar mengelilingi matahari dengan kecepatan 6.500 mil/jam. Lalu, Bumi juga berputar bersama semua benda di langit dengan kecepatan mencapai 20.000 mil/jam.

Hal itu membuktikan bahwa secara sepintas Bumi bukanlah tempat yang bisa dihuni oleh makhluk Allah SWT. Namun sebagaimana dalam penjelasan buku Sains dalam Alquran (2013), Allah SWT telah ‘menjinakkan’ Bumi sehingga bisa dihuni manusia dan makhluk lainnya.

“Dialah yang menjadikan Bumi untukmu yang mudah dijelajahi (dzalul, jinak), maka jelajahilah segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Hanya kepada-Nyalah kamu kembali setelah dibangkitkan,” (QS. Al-Mulk: 15).

Surat tersebut menjadi penjelas mengapa Bumi yang kita pijak saat ini bisa dihuni. Rupanya Allah SWT telah menjadikan Bumi sebagai tempat yang ramah manusia karena kuasa-Nya.

Sementara secara ilmiah, bukti kekuasaan Allah SWT ditandai dengan adanya gaya gravitasi Bumi. Hal itu lah membuat manusia ‘lengket’ di atasnya dan tertarik oleh gravitasi. Seandainya Bumi tak memiliki gravitasi, kemungkinan manusia untuk terlempar dari Bumi menjadi kenyataan.

Tak hanya itu, Allah SWT juga melengkapi Bumi dengan beberapa unsur lain yang dapat menunjang kehidupan manusia seperti atmosfer, lautan, sungai, hujan, awan serta tumbuh-tumbuhan dan hewan. Hal ini sesuai dengan kalimat “dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya”.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...